Header Ads

TRANSAKSI ONLINE BAYAR PUN ONLINE

Salah satu kendala yang dihadapi pada  bisnis online adalah keterbatasan  Swaktu dan tempat yang bikin penjual  dan pembeli susah kopi darat alias  ketemuan. Padahal berdasarkan data dari  IDC (Informatics Database Club) tahun  2009, tercatat nilai perdagangan lewat  internet di Indonesia mencapai sekitar $  3,4 miliar atau setara dengan Rp 35 triliun.  

Karena itu diperlukan sebuah metode  pembayaran secara online untuk  mempermudah proses pembayaran pada  transaksi online. Lantaran urusan duit,  tentunya metode pembayaran yang dipake  nggak boleh sembarangan. Tapi harus  memenuhi syarat yaitu: penggunaan yang  mudah,terpercaya, diterima secara luas,  dan biaya yang kecil. Salah satu metode pembayaran  online yang memenuhi persyaratan di atas  adalah PayPal.


Alat pembayaran (Payment  procesors) via internet yang paling banyak  dipake dan udah pasti terjamin aman.  Perusahaan Paypal (Paypal corp.)  seperti yang dikenal sekarang adalah  penggabungan antara perusahaan Confinity  dan X.com pada tahun 2000. Confinity  didirikan pada desember 1998 oleh Peter  Thiel dan Max Levchin, awalnya sebagai  alat pembayaran Palm Pilot dan sebagai  perusahaan kriptograpi (ilmu pembacaan  sandi, tulisan-tulisan atau angka-angka  rahasia).

Sedangkan X.com didirikan oleh  Elon Musk pada maret 1999, yaitu  perusahaan penyedia jasa perencanaan  keuangan. Kedua perusahaan lokasi  pertamanya adalah kantor di 165 University  Avenue di Palo Alto, California, rumah dari  beberapa pemula di Silicon Valley Ebay sebagai tempat lelang/jual-beli/pasar-online terbesar didunia, dengan  pengguna lebih dari 200 juta orang di  seluruh dunia (data juni 2006), kepincut  ngeliat perkembangan penggunaan Paypal  dan menyimpulkan Paypal cocok sebagai  salah satu alat pembayaran di ebay.  

Hasilnya, pada Februari 2000 rata-rata ada  200.000 penawaran barang perhari  menggunakan Paypal. Pada April 2000 lebih  dari 1 juta penawaran menggunakan  Paypal. Akhirnya, pada tahun 2002 ebay  mengakuisisi Paypal sebesar US$ 1,5 Miliar  karena di-'like' sebagai alat pembayaran  favorit dengan lebih dari 55% pengguna  ebay. Pada kuarter pertama 2006, total  transaksi melalui Paypal senilai US$8 Miliar,  meningkat 41% dari tahun ke tahun.

 Ajiib! Saking populernya, paypal banyak  dipake buat pembayaran transaksi online  seperti beli barang di ebay, beli  lisensi software original, keanggotaan situs,  urusan bisnis, mengirim dan menerima  donasi/sumbangan, mengirim uang ke  pengguna PayPal lain di seluruh dunia dan  banyak fungsi lainnya dengan mudah dan  otomatis menggunakan internet.  PayPal seperti rekening bank,  pertama kita bikin account, lalu mengisi  account tersebut dengan dana dari kartu  kredit atau transferan dana dari account  paypal orang lain ke balance paypal kita,  dan kita sudah bisa pake account PayPal  untuk bertransaksi. Apalagi kita bisa  memiliki akun PayPal secara gratis.

PayPal  menggunakan email sebagai identitas atau  yang lebih dikenal sebagai PayPal ID.  Bedanya dengan bank, kagak ada biaya  administrasi, kartu ATM, atau antrian kalo  mau setor. Asyik kan?  Paypal dikenal lebih aman dari  alat pembayaran online lain. Lantaran  kebijaksanaan perlindungan tertulis untuk  pembeli yang pake PayPal menyatakan  pembeli dapat melakukan komplain dalam  waktu 45 hari jika belum dapetin barang  yang dipesan atau jika barang yang dipesan  nggak cucok dengan deskripsi yang di  beritahukan penjual. Jika pembeli  menggunakan kartu kredit akan  mendapatkan pengembalian uang  chargeback dari perusahaan kartu  kreditnya. PayPal juga melindungi penjual  dari pengembalian uang atau komplain  yang bohong dari pembeli  tergantung situasi dan pembuktian.  Kebijakan perlindungan tertulis untuk  penjual dirancang untuk melindungi  penjual dari klaim pembeli yang mengaku  telah mengirim uang yang tidak ada catatan  bukti pembayaran dan catatan transaksi,  setiap pembelian menggunakan PayPal  selalu ada catatan bukti pembayarannya di  account PayPal yang menunjukkan telah  terjadi pengiriman uang.  


Proses tarik tunai dari akun  PayPal pun sangat mudah. Kita tinggal  menambahkan rekening bank lokal kita ke  akun PayPal. Kemudian kita bisa  memindahkan saldo dari PayPal ke rekening  bank lokal kita. Jadi nggak usah pusing  mikirin pencairan kocek dollar kita yang  tertambah dari bisnis online. Paypal pasti  bantu. So, ayo mulai deh mendulang dollar  dari dunia maya. Manfaatkan hobi ngenet  kamu jadi ladang  usaha dengan jualan  online atau menjadikan blog kita mesin  uang (baca info tekno 'Moneytizer Your  Blog' pada edisi sebelumnya). Konversi  kebiasaan menjadi sumber penghasilan.  Go....![341] 
Diberdayakan oleh Blogger.