Header Ads

Setelah Lulus mau ke mana ??

Intelektual sejati adalah corong bagi umat untuk mengetahui akan gambaran sistem  pemerintahan Islam. Ia merupakan sosok yang aktif berdakwah di tengah2 umat,  memberikan pencerahan bagi pemahaman yang keliru, en memiliki tanggungjawab yang  sangat besar terhadap 'ilmu yang disampaikannya. Hingga setiap waktu ia berkontribusi,  demi mewujudkan Khilafah sebagai 'New World Order.' Hmm.

Ada momen-momen paling mendebarkan buat kawan-kawan kita yang berada di tingkat akhir masa  Apendidikannya. Anak-anak kelas enam (VI), kelas sembilan  (IX), en kelas dua belas (XII), meski mentalnya udah ditempa pas  UN, ternyata belum bisa tenang juga melanjutkan kehidupannya  sebelum mendapatkan hasil pengumuman kelulusan. Bagi mereka  UN merupakan tahap awal, yang ketegangan ituh tentu masih  akan dilanjutkan oleh hasil apa yang akan diterima. Lulus apa  nggak yaaaa???

 Buat kawan-kawan yang nantinya nggak lulus, biar nggak  terus menerus dirundung sedih en putus asa, kak Alga Biru di girly  udah punya penawar rasa sakitnya, (nanti bisa D'RISEr intip). En  buat yang lulus, selamat!!! Omedetou gozaimatsu!!! Bersyukur  kepada ALLAH, kamu nggak mesti ngadepin UN part dua. So, bisa  langsung bersegera uy, buat mengeksekusi planning apa yang  udah kamu susun.

En kerennya, pas kak Alga en Hikari kemaren kembali terjun  ke tengah-tengah para pelajar yang ada di seantero negeri (beuh,  kesannya) buat jaring pendapat, banyak banget lho kesan yang  didapat. Makanya nih kita berdua mau share ke D'RISEr. Mau tau  kayak apa serunya Kak Alga en Hikari saat berhasil ngobrol dengan  beberapa kawan kita yang mau/udah lulus??? Mari ikuuuut!!!
Pertanyaan:
 1. Udah lulus nih, rencananya abis SMU/SMK mau kemana?
2. Masa depan apa yang kamu inginkan?
3. Langkah apa yang akan kamu susun?

 Jawaban: Marjani-SMAN 7 Kota Cirebon: “Aku mau lanjutin kuliah kak  Insyaa ALLAH. Coz, aku berharap aku punya masa depan yang  sukses di mata ALLAH, en kalo bisa di mata dunia juga. Jadi nanti  aku udah bertekad buat selesaikan kuliah sambil berjuang di jalan  ALLAH, lalu menjalankan kesuksesan di dunia sambil cari bekal  untuk kesuksesan di akhirat.”

 Sri Wahyuni-SMK Wahidin Cirebon: “Untuk saat ini, Insyaa  ALLAH mau kerja di Cikarang dan sementara tinggal di Bekasi. Tapi  maaf kak, buat ngomongin masa depan en langkah sih, rasanya  saya sulit mengungkapkannya.”

Nurul Fadhillah-SMAN 2 Cirebon: “Udah lulus aku mau  melanjutkan kuliah. Kalau udah semester 3, Insyaa ALLAH aku mau  ngambil kursus. Coz, aku berharap masa depanku adalah masa  depan yang memiliki sebuah prinsip serta 'ilmu plus iman untuk  menjalankan hidup. So, aku akan berusaha optimal, berdo'a,  bertawakkal serta mencoba menerima baik buruk suatu keputusan  yang ALLAH berikan nantinya buat aku.”

 Nur Hasan-STM Muhammadiyah Cirebon: “Udah lulus aku  mau mencari rizki, pengalaman, dan jati diri di ibu kota Indonesia.  Hidup sederhana berkecukupan, selalu berada dalam jalan yang  ditentukan Rasulullah saw., selalu diridhoi ALLAH Swt., en selalu  dalam lindungan-Nya. Aku akan membahagiakan orang tuaku dulu.  Setelah dirasa udah mendapatkan pengalaman yang cukup di ibu  kota, aku akan kembali ke Cirebon. Akan kunikahi orang yang  kucintai dan sangat berarti dalam hidupku.”

Fitri-SMAN 4 Cirebon: “Kuliah kak. Coz, aku mau jadi orang  sukses dunia-akhirat yang membahagiakan orangtua. Aku akan  selalu berjuang.” Alwan Suparadi-SMK Bunga Bangsa Bekasi: “Kepinginnya  lanjut kuliah, tapi nggak ada biaya nih. So, mungkin bantu orangtua  dulu ajah. Saya coba untuk menabung dulu, kalo uangnya udah  terkumpul baru deh buat daftar kuliah. Ya kerja sambil kuliah gitu.  Do'ain yah?! Coz, tentunya aku kepengen jadi orang sukses biar  bisa bales budi ke orangtua. Tapi kalo buat rencana en langkah  yang harus disusun sih, waduh masih pusing nih. Tapi ya  rencananya mah pasti ada, biar ALLAH yang menentukannya, aku  akan berdo'a dan berusaha. Tawakkal ajah deh.”
Pertanyaan:

1. Hai. Setelah lulus sekolah kamu mau kemana? Lanjut  sekolah, kuliah or punya rencana lain?
2. Apa cita-citamu? Menurutmu penting nggak sih menata  masa depan dari sekarang? Alasannya?
3. Pesan-pesan buat D'RISEr?

Jawaban: Rathiah (18 Tahun)-SMA PGRI 4 Bogor kelas XII IPS: “Oh,  maunya sih lanjutin sekolah lagi teh. Maunya ke PNJ UI (kalo  keterima). Cita-cita belum kebayang mau jadi apa ke depannya. Ini  ajah masih suka ngikutin opini orang. Yaa nggak tau Rathiah juga  susah buat yakin sama diri sendiri. Coz pernah punya keinginan  mau skul di luar tapi ditolak sama keluarga karena hal sepele.

Jadi  sekarang takut nyusun cita-cita mau jadi apa. Buat Rathiah, teteh  nanya kayak gini, membutuhkan jawaban yang agak susah. Tapi  jujur ajah Rathiah nggak suka di kehidupan ini, apalagi lahir di  sistem kayak gini. Coz, ternyata susah banget ngejaga diri sendiri  sama hal-hal yang nggak dibolehin ama agama. Tapi di sisi lain  secara agak terpaksa mungkin iya Rathiah harus bersyukur. Coz,  Rathiah sadar kalo hidup ituh buat ibadah en dakwah.

So, mungkin  lanjut or nggaknya Rathiah sekolah, Rathiah tetep mau jadi  pengemban dakwah yang nyadarin umat kalo hidup di sistem  seperti ini nggak akan bisa ngebuat hidup kita tenang en bahagia.  Nentuin langkah ya sebenernya penting banget. En buat realnya,  Rathiah bakal memperjuangkan agama ALLAH agar cepat tegaknya  syari'ah en khilafah.

Biar cukup kita ajah yang pernah ngerasain  sakitnya hidup di sistem ini. Jangan sampe dirasain juga sama anak  cucu kita nanti. Aamiin. Tapi Rathiah belum bisa ngelakuin apa-apa.  Coz, dari kajian juga Rathiah masih tahap awal-awal. Tapi insyaa  ALLAH Rathiah nggak akan berlama-lama terus di tahapan ini.  Rathiah mau terjun langsung ke umat nyampein risalah-risalah  Islam (mudah-mudahan bisa, aamiin Ya Rabb!). So, Rathiah bakal  ningkatin tahapan kajian Rathiah en mau mencoba hal baru dalam  dakwah itu gimana rasa en perjuangannya.”

Sita Diariani Azhary (14 Tahun)-SMPN 15 Bogor: “Ya teh,  sebelumnya aku mau ngucapin Alhamdulillah dulu, coz aku bisa  ngelewatin UN dengan mudah en jujur Insyaa ALLAH. So, tinggal  nunggu pengumuman tanggal 4 Juni ntar. Tapi meskipun  pengumumannya ntar, aku udah daftar-daftar plus ikut test-test  gitu di salah satu SMKK di Bogor.

Aku milih disana karena aku punya  cita-cita sendiri untuk buka toko roti. Yupz! Aku pilih jurusan  patiseri. Selain itu aku juga berencana untuk buka lahan dakwah disana, gencar mensosialisasikan kehidupan Islam yang  sebenernya. Coz, perencanaan masa depan aku sih jadi orang yang  multi talenta. Selain jago bikin roti juga bisa mengemban dakwah  Islam.

Nggak membatasi  seseorang itu siapa, en siapa 'aku'  sekarang, ketika ada niat semua pasti ada jalan en itu semua udah  harus terkonsep en terencana. Insyaa ALLAH dengan segala  keputusan terbaik dari ALLAH, meskipun terkadang nggak sesuai  dengan yang kita inginkan (soalnya aku kan masih nunggu hasil  pengumuman lulus or nggak) tapi aku bakal tetap optimis! Jadi,  buat D'RISEr semua yang senasib (?) sama aku (hehe) segera yah  tentuin tujuan hidup yang hakiki. Raih yang terbaik en selalu  OPTIMIS!
” Subhanallahu… Gimana nih D'RISEr??? Ada inspirasi nggak  setelah banyak mengutip obrolan yang kemarin digelar sama Kak  Alga en Hikari? Patsinya yah?! Hehe, ya beginilah warna-warni perasaan yang tergambar dari  sosok pelajar negeri kita yang nangkring di tingkat akhir. Moga  bermanfaat yah buat D'RISEr semua.

 D'RISE juga mau ngasih sedikit  kiat cerdas nih buat kawan-kawan yang menjelang lulus or yang  udah. Masa depan adalah gambaran dari apa yang kita upayakan di  masa sekarang. Jika kita berusaha sebaik mungkin merancang masa  depan mulai dari sekarang en disiplin dengan target-target yang  ingin kita raih, Insyaa ALLAH kita bakal jadi orang yang beruntung.  Jangan lupa, berakhirnya UN bukan berarti proses belajar kita ituh  udah fin (tamat). Belajar (menuntut 'ilmu) harus selalu kita lakukan  sampai kita menghembuskan nafas terakhir.

 Kan seperti sabda  Rasulullah saw. “Tuntutlah 'ilmu sejak dari buaian hingga ke liang  lahat.” Banyak jalan kok biar menjadikan kita sukses dunia akhirat  lantaran kita cerdas. Rajin baca buku, mengasah kemampuan yang  paling menonjol yang ada di dalam diri kita, berwirausaha, en  masih banyak lagi cara-cara biar proses pembelajaran kita tuh  nggak terhenti. Terutama buat seorang pengemban dakwah. Insyaa ALLAH  dijamin yang ini mah cerdas en keren luar dalem. Hehe, iyah! Coz,  nggak lanjut kuliah lantaran mentok di biaya juga nggak boleh  menjadikan langkah kita mati. Kita mesti harus maju en berjuang  buat naklukin keadaan. Taukah D'RISEr bagaimana awal mula  D'RISE ini ada?

D'RISE berdiri en lahir dari tangan seorang yang  cuma lulusan SMA lho. Tapi ternyata pendirinya, en cita-citanya bisa terasa  kegemilangannya en bisa membawa banyak pengaruh kebaikan  buat umat. Ini jauh lebih keren dari seorang yang tamatan S3 tapi  kerjaannya cuma bisa korupsi. Ya pokoknya, maju terus pantang  mundur deh yah?! Mari maju bersama-sama! Jadilah orang yang  terencana. Buat road map of ur life dengan serinci-rincinya. Jadikan  hidup en matimu, hanya untuk Islam, bukan yang lainnya. Oke  yah?! Sipp! [Alga en Hikari yang kian mesra setiap waktu, hehe!]


ALLAH Swt. Berfirman: “Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan ALLAH kepadamu,  tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain)  sebagaimana ALLAH telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di  bumi. Sungguh, ALLAH tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan.” [TQS. Al-Qasas:77]  
Diberdayakan oleh Blogger.