Header Ads

MUHAMMAD BIN ABDULLAH SURI TELADAN SEPANJANG MASA

Tahun 1978 lalu, terbit sebuah buku yang  kontroversial dan mengundang  Tperdebatan. 'The 100: A Ranking of the  Most Influential Persons in History' karya   Michael H. Hart. Buku ini memuat 100 tokoh  yang ia rasa memiliki pengaruh paling besar  dan paling kuat dalam sejarah manusia.  
Michael H. Hart sendiri adalah seorang sarjana  fisika, astronomi, dan hukum, yang juga  merupakan  guru besar astronomi dan fisika  perguruan tinggi di Maryland, Amerika Serikat.  Nah, yang bikin buku ini kontroversial  adalah urutan pertama 100 orang paling  berpengaruh itu yang ditempati oleh Nabi kita,  Muhammad SAW.

Hart menyebutkan alasan  atas pendapatnya itu dalam bukunya:  Jatuhnya pilihan saya  kepada Nabi  Muhammad  dalam  urutan  pertama  daftar  Seratus  Tokoh  yang  berpengaruh  di  dunia  mungkin mengejutkan sementara pembaca dan  mungkin jadi tanda tanya sebagian yang lain.  Tapi saya  berpegang pada keyakinan  saya,  dialah Nabi Muhammad satu-satunya manusia  dalam sejarah  yang berhasil meraih sukses-sukses luar biasa baik ditilik dari ukuran agama  maupun ruang lingkup duniawi. Berasal-usul dari keluarga sederhana,  Muhammad menegakkan dan menyebarkan  salah satu dari agama terbesar di dunia,  Agama Islam. Dan pada saat yang bersamaan  tampil sebagai seorang pemimpin tangguh,  tulen, dan efektif.
 
Kini tiga belas abad sesudah  wafatnya, pengaruhnya masih tetap kuat dan  mendalam serta berakar. Tahun 1992, buku itu direvisi dan  diterbitkan kembali, namun posisi Rasulullah  SAW di urutan pertama tetap tak tergoyahkan.  Ini menunjukkan pengakuan Barat terhadap  keagungan sosok  Rasulullah SAW. Hal ini  sebenarnya sama sekali nggak mengherankan.  Setiap orang yang berwawasan luas plus  bersikap objektif, pasti akan sepakat dengan  Hart, menobatkan Rasulullah SAW sebagai  manusia nomor 1 di dunia.  Kalau kita mengkaji sejarah  kehidupan beliau, maka kita tidak akan  mendapati beliau hanya sebagai pemimpin  agama dan kepala negara, tapi juga panglima  perang pemberani, hakim yang adil, politisi  ulung, pemikir brilian, pengusaha sukses,  sahabat yang bisa diandalkan, suami yang  romantis, atlet yang berbakat, dan banyak lagi.  

Manusia super deh pokoknya. Sedangkan kepribadian beliau, tidak  ada manusia lain di dunia yang bisa menandingi  keagungannya. Bahkan karena kepribadian  mulia itu beliau mendapat gelar Al-Amin, dan  tak ada seorang kafir Quraisy pun yang  mengingkarinya. Singkatnya, beliau dicintai  oleh kawan dan dihormati oleh lawan.  Seandainya setiap orang (terutama  muslim/muslimah) wajib punya role model (suri  teladan), maka yang paling berhak menempati  urutan pertama tentu saja adalah Rasulullah  SAW.  Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah  itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi  orang yang mengharap (rahmat) Allah dan  (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak  menyebut Allah.”  (QS Al-Ahzab:21) []

KEKAGUMAN CENDIKIAWAN BARAT PADA RASULUWLLAH SAW

SIR GEORGE BERNARD SHAW (Nobelis Sastra  1925)

“Saya sudah mempelajari Muhammad sesosok  pribadi agung yang jauh dari kesan seorang anti-kristus, dia harus dipanggil 'sang penyelamat  kemanusiaan. Saya yakin, apabila orang semacam  Muhammad memegang kekuasaan tunggal di  dunia modern ini, dia akan berhasil mengatasi  segala permasalahan sedemikian hingga  membawa kedamaian dan kebahagiaan yang  dibutuhkan dunia. Ramalanku, keyakinan yang  dibawanya akan diterima Eropa di masa datang  dan memang ia telah mulai diterima Eropa saat  ini. Dia adalah manusia teragung yang pernah  menginjakkan kakinya di bumi ini.” MARTIN FORWARD (Professor of Religious  Studies di Aurora Univesity, penulis Muhammad:  a Short Biography) “Ketika saya mendengar teman-teman muslim  mengungkapkan harapan bagi terwujudnya dunia  yang lebih baik, tempat nama tuhan di ucapkan  sebagai rahmat. Ketika teman-teman muslim  berperilaku terpuji, kudus dan menghargai  kehidupan, dan ketika bersaksi bahwa mereka  bisa melakukan semua itu berkat kehidupan dan  pesakitan Rasulallah, maka sayapun bersaksi  bahwa Muhammad adalah rahmat bagi umat  manusia.”

 LAMAR TINE, HISTOIRE DE LA TURQUIE, Paris,  1854, Vol. II, pp 276-277

“Dunia telah menyaksikan banyak pribadi-pribadi  agung. Namun, dari orang orang tersebut adalah  orang yang sukses pada satu atau dua bidang  saja misalnya agama atau militer. Tidak demikian  dengan orang ini. Muhammad (SAW) telah begitu  tinggi menggapai dalam berbagai bidang pikir  dan perilaku manusia dalam sebuah episode  cemerlang sejarah manusia. Muhammad adalah  seorang agamawan, reformis sosial, teladan  moral, administrator massa, sahabat setia, teman  yang menyenangkan, suami yang penuh kasih dan  seorang ayah yang penyayang - semua menjadi  satu. Tiada lagi manusia dalam sejarah melebihi  atau bahkan menyamainya dalam setiap aspek  kehidupan tersebut -hanya dengan kepribadian  seperti dia-lah keagungan seperti ini dapat  diraih.”

 THOMAS CARLYLE dalam HEROES AND  HEROWORSHIP


“Kebohongan yang dipropagandakan kaum Barat  yang diselimutkan kepada orang ini (Muhammad)  hanyalah mempermalukan diri kita sendiri.  Sesosok jiwa besar yang tenang, seorang yang  mau tidak mau harus dijunjung tinggi. Dia  diciptakan untuk menerangi dunia, begitulah  perintah Sang Pencipta Dunia. Diantara aib  terbesar yang ada hari ini ialah bahwa seorang  cendekiawan menerima begitu saja ucapan  seseorang yang mengatakan bahwa Islam adalah  bohong dan Muhammad adalah penipu. Mustahil  bahwa manusia besar ini adalah seorang  pembohong. Karena pada kenyataannya,  kebenaran dan kejujuran adalah dasar semua  kerjanya dan pondasi semua sifat utamanya 
Diberdayakan oleh Blogger.