Header Ads

MENEYTIZER YOUR BLOG !

Asyiknya ngeblog nggak cuman jadi  ajang aktualisasi diri. Tapi udah kaya  Atempat curhat dan latihan corat-coret. Kini siapa sangka, ternyata nge-blog   juga bisa jadi ladang fulus. Malah nggak  sedikit blogger yang rela resign dari kerja  kantorannya untuk fokus nge-blog dan  mendulang uang dari blog yang  dibangunnya. Kok bisa?

Yups, dengan bersenjatakan blog,  pundi-pundi rupiah kita bisa mendadak  bengkak. Itu yang namanya moneytizer  alias menjadikan blog kita mesin uang. Tapi  tentu kita mesti fokus dan tahu ilmunya.  Berikut kita kasih tahu beberapa cara  mendulang uang dengan blog berbahasa  indonesia.

1.Menampilkan Iklan PPC (Pay-Per-Click) Kita bisa pasang iklan baris dan  mendapatkan komisi (tentu dalam  rupiah) jika iklan tersebut di-klik oleh  pengunjung yang mampir ke blog kita.  Saat ini setidaknya ada 5 pelaku bisnis  PPC domestik yang cukup populer, yaitu  KlikSaya.com, KumpulBlogger, PPCIndo,  IndoFad dan AdOnBanner. Kalo dari luar  ada google adsense salah satunya.  

2.Menampilkan Banner Program Affiliasi Caranya dengan menampilkan banner  link affiliasi berukuran 125X125 di bagian  Sponsor blog. Jika pengunjung blog ada  yang melakukan pembelian melalui  banner link affiliasi tersebut, kita bakal  dapet sejumlah komisi.

3.Menulis Review Produk Affiliasi (dengan  text link affiliasi Anda) Caranya dengan menulis review tentang  produk affiliasi yang dipromosikan di  blog kita. Lebih baug lagi kalo kita sudah  menggunakan dan merasakan manfaat  produk yang dipromosikan. Pilih produk  yang sesuai dengan kebutuhan pembaca  blog kita. Tulis reviewnya dan jika tamu  melakukan pembelian produk yang  direkomendasikan, kita akan  mendapatkan sejumlah komisi.

 4.Mengikuti Program Paid Review Caranya kita diminta untuk menulis  review produk atau jasa tertentu (dalam  bahasa Inggris) dan akan mendapatkan  komisi atas review yang Anda tulis di  blog Anda. Kita diminta setelah daftar di  program paid review seperti  SponsoredReviews.com, ReviewMe,  Blogsvertise, BuyBlogReviews.com. Kalo  blog kita punya link ranking, Alexa,  Technorati dan PR (Page Rank) yang  cukup tinggi, bayarannya lumayan gede  untuk satu artikel review. 

5.Menjual Text Link Ads Caranya dengan menyediakan spot text  link situs-situs yang ingin beriklan dan  sekaligus mendapatkan link back dari  blog Anda. Semakin tinggi link ranking,  Alexa, Technorati dan PR blog kita,  semakin mahal harga link yang bisa kita  tawarkan. Saat ini banyak program text  link ads yang bisa diikuti. Beberapa  diantaranya adalah Text-Link-Ads.com,  TNX.net, LinkWorth.com dan  TextLinkBrokers.com.

6.Menjual Spot Iklan Mandiri Menjual spot iklan secara langsung  kepada mereka yang tertarik memasang  iklan di blog kita adalah bisa jadi pilihan  lain monetisasi blog. Kalo identitas blog  kita cukup menarik dengan pengunjung  yang cukup banyak, bisa banjir iklan lho.  

7.Menjual Jasa Keahlian Anda Jika kita punya keahlian tertentu seperti  web design, web programming, logo  design, copy writing, memasak, menulis,  atau menerjemahkan, nggak ada  salahnya mempromosikannya melalui  blog. Selain sebagai ruang pribadi untuk  menuangkan ide dan tulisan, blog juga  bisa jadi sarana public relation yang  cukup efektif untuk memperkenalkan  keahlian kita.  

8.Menjual Produk  Pajang deh produk-produk seperti CD,  buku, kaos, cenderamata, kado/gift  ulang tahun, kue ulang tahun, e-book,  aksesoris komputer, kosmetik de el el di  blog kita biar makin banyak orang tahu.  Kalo udah punya bisnis offline, saatnya  menjangkau pasar yang lebih luas  dengan promosi secara online melalui  blog.

Nah Drisers, sebenarnya ada banyak cara  untuk mendulang uang dari kebiasaan kita  ngeblog. Asalkan kita mau belajar ilmunya,  terus dipake dan pantang menyerah untuk  moneytizer blog kita. Dengan begitu,  kegiatan rutin ngenet yang tadinya cuman  ngabisin duit perlahan kita sulap jadi  penghasil duit. Asyik kan?! [341]

PERSIAPAN

1.Punya blog. Ini persyaratan  mutlak. Dua keuntungan kalo kita rajin  nge-blog: ladang pahala dari isi yang  mencerahkan orang lain ke arah positif  dan ladang duit dari hasil moneytizer  kita. So, yuk kita mulai nge-blog!

 2. Rajin update. Jangan biarkan blog  kita cuman jadi pelengkap status kita di  dunia maya. Minimal seminggu sekali,  update deh tuh blog. Biar yang mampir  gak bosen. Isi dengan tulisan  bermanfaat baik hasil copy paste dari  orang lain atau lebih baik tulisan kita  sendiri.  

3. Kasih 'identitas'. Perjelas identitas  blog yang mau kita bangun melalui  content yang kita update. Apa mau  tentang seputar kuliner, games online,  tempat nongkrong, media islam, seputar  sepatu, fashion, film, manga, atau  olahraga. Yang penting kamu enjoy ngisi  tuh blog yang semakin memperjelas  identitasnya. Semakin jelas, makin  mudah kita moneytizer blog kita.  

4. Raih popularitas. Ini hal terakhir  sebelum memoneytizer blog. Lantaran  cara-cara mendulang ulang  di dunia  maya biasanya menuntut popularitas  dari blog kita yang di ukur dari google  pagerank atau alexa rank.

So, mulai deh  belajar lagi tentang teknik Search Engine  Optimization (SEO), tukar menukar link,  kata kunci, hingga memilih konten yang  pas dan menarik banyak tamu. Makin  banyak yang mampir, makin bagus  popularitas blog kita dan makin mudah  memoneytizer. Seru![]

Diberdayakan oleh Blogger.