Header Ads

MEMAAFKAN TEMAN

Asalamualaikum mbak gimana ya agar menjadi orang pemaaf saya terkadang sulit memaafkan orang (wdy medan)
Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

 Dik Wdy yang baik, Dalam kehidupan sehari-hari kita bergaul dengan  banyak orang, ada teman, guru, tetangga, keluarga, dsb.  Saat bergaul tidak jarang, diantara kita pernah berbuat  kesalahan karena memang manusia adalah tempat salah  dan lupa. Islam memberikan cara agar dalam pergaulan  terjalin hubungan yang menyenangkan. Allah  memerintahkan kita untuk meminta maaf jika kita berbuat  salah, serta bagi yang dimintai maaf untuk berlapang dada  memaafkan kesalahan orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan, orang-orang yang  menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang  (TQS. Ali Imron :134).       

Dik Wdy yang baik,  Dengan memaafkan kesalahan orang lain akan  menjadikan hidup kita lebih tenang, dan dapat membina  hubungan lebih baik dengan sesama. Orang yang mudah  memaafkan semakin jarang mengalami masalah dengan  orang lain. Para pemaaf memiliki ciri yaitu tidak mudah  tersinggung saat diperlakukan tidak menyenangkan orang  lain, tidak mudah menyalahkan orang lain ketika  hubungannya dengan orang tersebut tidak sebagaimana  yang diharapkan. Sedangkan seseorang yang sulit  memaafkan akan menyimpan emosi negatif, cepat marah  atau tersinggung.

Apabila hal itu berlangsung lama akan  sangat merugikan sebab menjadikan  hidup tidak tenang akibat menyimpan  dendam dan kemarahan. Selain itu  juga dapat memicu berbagai penyakit  fisik (jantung/sistem peredaran darah)  akibat memelihara rasa sakit hati.  Dik Wdy yang baik,  Saat kita melakukan kesalahan,  harapan kita orang lain  memaafkannya. Begitupula orang lain  menginginkan kita bisa memaafkan  mereka. Berlatihlah untuk bisa  memaafkan orang lain, karena Allah  menjanjikan pahala bagi siapa saja  yang berlapang dada dan memaafkan  kesalahan saudaranya. Dengan  memaafkan masalah akan mudah  diselesaikan.

Jika tidak mau  memaafkan, kerugian ada pada diri kita, dan  bukan pada orang yang tidak kita maafkan. Kita  masih merasa, kesalahan tersebut merupakan  sesuatu yang sulit dimaafkan. Hal ini sering  menjadikan masalah kita terus berlarut dan  hati kita menjadi sempit karena kita terus  menerus mengungkit kesalahan orang lain.  Allah Maha Pengasih dan Penyayang, maka  marilah hiasi diri kita dengan kasih sayang  dengan memaafkan kesalahan orang lain.

Dik  Wdy selamat mencoba menjadi pribadi  pemaaf.[] 
Diberdayakan oleh Blogger.