Header Ads

FACEBOOK MANIAK

Sekola saya korupsi looh! Pengen saya basmi!"  Fresta (17 tahun) sungguh sedang kesal ketika  Smenulis kalimat itu di status Facebook-nya.  Namun, ia tidak pernah menyangka, kalimat itu  bakal membuatnya dikeluarkan dari sekolah. Malah  bukan hanya dia, melainkan juga dua temannya  yang ikut nimbrung di status itu.

Fresta adalah siswi kelas XI di Sekolah  Menengah Kejuruan Pembangunan (SMK  Pembangunan) Kota Bogor di Jawa Barat. Pada  tanggal 8 Februari 2011, pukul 17.54, ia menulis dua  kalimat itu di status Facebook-nya. Teman  sekelasnya, Firda (17 tahun), ikut-ikutan memberi  jempol pada status itu sebagai tanda menyukainya.  Adapun Amelia (17 tahun) mengomentari dengan,  "Hahahaha bener banget tuh". Yoaa…


Itu salah satu cerita pahit sekaligus  penuh ibroh yang Alga dapetin pas berselancar di  beberapa website. Humm…. Kalau jaman-jamannya  Alga, laku keras mainan yang namanya Tamagochi.  Benda aneh dan digital ini mirip 'binatang  peliharaan' yang juga dirawat secara digital. Mainan  model gituan udah pensiun kayanya. Namun di  jaman polisi bersenandung India seperti sekarang,  mainan remaja beralih ke arena jejaring sosial.  

Apaan tuh? Ya... seperti namanya, ia semacam  dunia yang mampu menghubungkan kita dengan  orang lain di tempat berbeda meski di ujung dunia  sekalipun. Mulai dari kawan yang kita kenal sampe  orang yang sok kenal bin sok dekat. Ada Facebook,  twitter, multiply, dan lainnya. Sebelum heboh  Facebook, kita dimanjakan dengan Friendster. Hasilnya… dikit-dikit update status FB. Lagi  seneng, ditulis di status. Lagi sedih, ngomongnya ke  status juga.

Bahkan lagi ketimpa musibah, FB yang  duluan didatengin. Wewww…. Persis kaya candu.  Kalo ngga mengkonsumsi, bawaanya uring-uringan.  Ciri-ciri orang yang udah kecanduan FB: Pertama,  gerah kalo ngga nge-update (baik status, notes ngga  jelas, atau foto on the hoy). Kedua, ngomong lebay,  kalau ngga komen berasa kurang afdol. Ketiga,  mendadak narsis dan jadi terkenal akun dan  nickname-nya di sejagat facebook raya. Keempat,  kantong kamu atau tagihan telpon di rumah  membengkak. Kok bisa?? Iya, soalnya dipake buat  facebook-an mulu. Wehh… Gimana? Udah punya tanda-tanda di atas  kaga??

Weitss.. harus segera di-rem tuh. Facebook  seperti halnya penggunaan teknologi lainnya,  hukum asalnya mubah alias boleh, selama dalam  batas-batas syara'. Facebook bisa jadi haram kalau  digunakan untuk keharaman. Sama seperti sebilah pisau, jika  digunakan untuk memotong sayur di dapur, boleh-boleh aja  bahkan berguna banget. Tapi kalau digunakan untuk membunuh  nyawa yang tidak bersalah, jadi haram. Facebook, jika digunakan  untuk keharaman atau melenakan dalam menunaikan  kewajiban, maka MENJAUHLAH!

Contohnya,…. Ada yang sampe lalai sholat gara-gara  sibuk facebook-an. Niat awal bikin FB buat seneng-seneng  doang, ehhh lama-lama kesenengan alias maniak. Atau yang  parah, facebook dipakai buat ngibul dan ngambil untung dari  ngibul. Penipuan, penculikan dan pelacuran kerap terjadi  bermula dari kenalan di FB.  Uang abis, tenaga abis, waktu abis  kurang berfaedah. Facebook, candu baru yang ironis ! <Alga  Biru>
 ****
 “Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam  kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan  amal saleh dan nasehat menasehati supaya menaati kebenaran  dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”[]

SESEMBAR DI FACEBOOK

1.Warning Buat Akhwat! Melihat geliat banyaknya tangan nakal di dunia maya, jadi buat  kita para akhwat, lebih baik berhati-hati dalam mencantumkan  hal-hal pribadi seperti nomor telepon, alamat, atau foto. Sudah  menjadi rahasia umum, kalau foto akhwat kadang disitir di situs-situs porno atau perusakan citra lainnya. Ngga mau kan foto kita  yang entar jadi korban? Jangan sampe juga wajah kita yang  cantik malah mengganggu hati lelaki shalih yang hendak  menjaga hatinya.  

2. FB FOR 3-D = DAKWAH, DAGANG, DATING FB bisa digunakan jadi media yang menguntungkan. DAKWAH,  manfaatkanlah sebesar-besarnya fasilitas FB untuk  menyebarkan Islam dan media yang  bisa menghantam tsaqafah  kufur. DAGANG, buat yang hobi nge-bisnis, FB bisa jadi sarana  ampuh untuk mengembangkan bisnis. Unlimited, praktis dan  bikin tambah tebel kantong kamu. Seru kan! DATING, buat yang  pengen reunian atau bikin janji untuk bersilaturahmi, janjian via  FB pas banget loh. Semoga barokah!

3. Ngga nge-FB, ngga Mati ! Dalam beberapa kasus tertentu (terutama facebooker yang  kecanduan kronis atau kehadirannya mengundang fitnah), me-nonaktifkan bahkan men-delete akun FB bisa jadi solusi. Buat  yang terlanjur maniak, pastinya susah banget. Eitss… Selama  ada kemauan, disitu ada jalan. Terbukti, dulu Alga punya  Friendster yang banyak banget friend-nya sampe bikin mumet.  Hehe. Berhubung bawa mudhorot dan susah nahan diri, yaudah  sekalian aja Alga hapus. Beres cap rebes ! Hehe. Hiduplah di  dunia nyata, sebab dunia maya hanya persinggaha


Diberdayakan oleh Blogger.