Header Ads

DEDEMIT MAYA PENCARI MANGSA

Pada hari Sabtu, 17 April 2004, Dani Firmansyah,  konsultan Teknologi Informasi (TI) PT Danareksa di  Jakarta berhasil membobol situs milik Komisi Pemilihan  Umum (KPU) di http://tnp.kpu.go.id dan mengubah nama-nama partai di dalamnya menjadi nama-nama "unik", seperti  Partai Kolor Ijo, Partai Mbah Jambon, Partai Jambu, dan lain  sebagainya.  

Tingkah para hacker seperti Dani, sering menyita  perhatian. Aksi isengnya kerapkali bikin repot para penghuni  dunia maya. Terutama pemilik web atau para facebooker yang  jadi korbannya. Walhasil, hacker selalu dikaitkan dengan  kejahatan dunia maya alias cyber crime. Benarkah? Antara Hacker dan Cracker Pertama kali, Hacker muncul pada awal tahun 1960-an  diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model  Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial  Massachusetts Institute of Technology (MIT).
Awalnya,  julukan hacker muncul dengan arti positif untuk menyebut  seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang  komputer dan mampu membuat program komputer yang  lebih baik dari yang telah dirancang bersama.  Selanjutnya, muncul kelompok lain yang menyebut-nyebut dirinya hacker yang mendapat kepuasan lewat  membobol komputer dan mengakali telepon (phreaking).  Hacker sejati menyebut mereka 'cracker' yang sifatnya malas,  tidak bertanggung jawab, dan tidak terlalu cerdas.


Hacker  sejati tidak setuju jika dikatakan bahwa dengan menerobos  keamanan seseorang telah menjadi hacker. Dari gambaran di atas, kita bisa ambil pengertian hacker  dan cracker.  1. Hacker. Hacker adalah sebutan untuk mereka yang  memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan  komputer, membuat program kecil dan membagikannya  dengan orang-orang di Internet. Menurut HackedKids,  seorang hacker Newbie Permanent yang kena todong drise,  “Hacker itu kalo buat aku sndiri sih seorang seniman  teknologi yg selalu membuat kesenangan untuk dirinya  sendiri bukan untuk orang lain, seperti dia gak bakal  pernah memperjual belikan apa yang dia temukan atau  perbuat di dalam teknologi tsbt.” Kerjaan seorang hacker, gak jauh dari mencari,  mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi  dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah  ditentukan oleh developer.

Para hacker biasanya melakukan  penyusupan-penyusupan dengan maksud memuaskan  pengetahuan dan teknik. Rata - rata perusahaan yang  bergerak di dunia jaringan global (internet) juga memiliki  hacker. Tugasnya yaitu untuk menjaga  jaringan dari kemungkinan perusakan  pihak luar "cracker", menguji jaringan  dari kemungkinan lobang yang menjadi  peluang para cracker mengobrak - abrik  jaringannya, sebagai contoh : perusahaan  asuransi dan auditing "Price  Waterhouse". Ia memiliki team hacker  yang disebut dengan Tiger Team.

Mereka  bekerja untuk menguji sistem sekuriti  client mereka. 2. Cracker Cracker adalah sebutan untuk  mereka yang masuk ke sistem orang lain  dan cracker lebih bersifat destruktif,  biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program  komputer, secara sengaja melawan  keamanan komputer, men-deface  (merubah halaman muka web) milik  orang lain bahkan hingga men-delete  data orang lain, mencuri data dan  umumnya melakukan cracking untuk  keuntungan sendiri, maksud jahat, atau  karena sebab lainnya karena ada  tantangan.

Beberapa proses pembobolan  dilakukan untuk menunjukan kelemahan  keamanan sistem. “kalo beda nya dngn Cracker sih gak  ada cm tujuan nya aja yg beda, sprti yg ku  blng tdi HACKER hnya mlakukan sgala  sesuatu ntuk dirinya sndiri sdangkan  Cracker ntuk orng lain jka orng tsbt  mmbrikan imbalan yg stimpal dngn apa yg  mreka kerjakan (sprti PEMBUNUH  BAYARAN) gtu..” Hacked ngasih pendapat  waktu ditanya bedanya cracker dan hacker.  Driser, sekarang dah jelas dong  bedanya hacker dan cracker. Jangan sampe  ketuker. Nggak semua hacker itu pelaku  cybercrime. Ada juga yang jadi satpam alias  petugas keamanan sistem jaringan  komputer.


So, seru kali ya kalo kita bisa  ngasih kontribusi positif untuk dakwah  Islam dan kaum Muslimin lewat jalur  Teknologi Informasi seperti yang dilakukan  the most legendary moslem hacker,  irhabi007. Bagi yang belon tau doi, silahkan  baca D'Rise #10. Menjadi hacker, bukanlah  sebuah kejahatan melainkan sebuah  kekuatan untuk melawan musuh-musuh  Islam. Hacker muslim, tunjukkin nyali  loe![341 
Diberdayakan oleh Blogger.