Header Ads

CHILDREN OF HEAVEN

Hmm! “Khayrukumman ta'allamal qur-aana wa'allamahu; yang  paling baik diantara kalian adalah yang belajar al-Qur'an dan  Hmengajarkannya.” [HR. al-Bukhari].

Itulah sabda Rasulullah saw.  yang pertama kali D'RISE ingat kala menghadiri acara Khatmil Qur'an &  Imtihan ke-III SDIT Insantama pada Sabtu (3/4) kemarin. Ada pekik  kekaguman dan sebuah rasa teramat takjub, yang bukan sebuah ungkapan  mengada-ada apalagi omong kosong belaka. Murni D'RISE tak hentinya  bergetar sepanjang aksi meliput disana. Ketika Aula “Muhammad Naufal  Syauqi” SIT Insantama mulai membahana karena suara dari para malaikat-malaikat kecil yang melafadzkan bacaan al-Qur'an begitu penuh pesona.  


Tekniknya begitu mumpuni mengental di setiap tuturnya, mengakar kokoh,  mentajasad, seakan-akan melambangkan bahwa mereka adalah anak-anak  titisan surga yang sudah terlatih untuk menjadikan al-Qur'an sebagai  senjata pertamanya menghukumi sebuah perkara. Mereka sudah dibentuk  sebagai jundi-jundi penjaga al-Qur'an sejak dini. Subhanallahu! Go Reports! Pukul 08.00 WIB, lambat laun para hadirin en hadiroh akhirnya telah  memadati tempat yang telah disediakan. Merasa acara akan segera  berlangsung,
D'RISE buru-buru mengakhiri cuap-cuap dengan Bu  Thoyyibah Muslim selaku Ketua Panitia Khatmil. 

Seluruh data sudah D'RISE  genggam. Sangat berterimakasih pada Bu Thoyyibah yang sudah mau  meluangkan waktunya untuk banyak berkisah kepada D'RISE terkait  dengan latar belakang acara Khatmil dlsb.  Kemudian seusai D'RISE  melenggang perlahan ke belakang untuk dokumentasi, sang MC acara  Khatmil pun tak berlama-lama memanggil para pemeran utamanya untuk  naik ke atas panggung. So, dengan begitu anggun en santunnya anak-anak  itu naik ke stage secara  “Jangan wariskan bacaan al-Qur'an yang salah karena yang benar itu mudah.”  [KH. Dachlan Salim Zarkasyi] teratur.

Sesak sudah panggung memuat 38 anak (15 ikhwan, 23 akhwat)  SDIT Insantama yang dinyatakan LULUS menempuh Tes Akhir Santri  (TAS/Tashih). Salam terucap dari mereka untuk kami semua yang berada  di kursi menghadapnya. Melihat wajah anak-anak itu D'RISE berdebar-debar. Apalagi setelah mereka memulai performa dengan pembacaan  surah ad-Dhuha sampai an-Naas. Bulu roma D'RISE merinding!  Mendadak seluruh kepala tak dapat beralih dari anak-anak itu.  Kekompakan, keseragaman cara membaca mereka begitu khas en  kentara sekali terasa. Panjang pendeknya, teknik tajwidnya, saat  berhenti en mengambil nafas, begitu sempurna mengalun di setiap  telinga yang menyimaknya. So beautiful! Fasih sekali!

Acara Khatmil & Imtihan ini memang hajat rutin yang biasa diadakan  oleh Insantama sebagai tanda bersyukur bahwa anak-anak didik mereka  telah Khatam al-Qur'an dengan Metode Qiraati. Sudah sepuluh tahun  SDIT beroperasi namun baru di tahun kedelapan-lah akhirnya SDIT  Insantama mewujudkan standarisasi Metodologi Qiraati, sehingga acara  Khatmil Insantama terbilang sudah tiga kali dilakukan.

Tentu dengan  upaya dua tahun terakhir ini melakukan penggemblengan dengan tekun  en serius demi mencapai target mulianya. Yakni, ingin menjadikan anak-anak didiknya membaca al-Qur'an seperti Rasulullah saw. Membaca. SUKSES, acara Khatmil & Imtihan kali ini pun sudah menggambarkan  hasil dari usaha yang dilakukan oleh pihak sekolah. Hmm! Keren deh!  Lihat bagaimana adik-adik D'RISE yang imut-imut itu ketika dihujani oleh  berbagai pertanyaan yang rumit seputar 'ilmu tajwid. (Ketika prosesi  Khatmil Qur'an usai, akhirnya dilanjut pada prosesi Imtihan alias ujian). 

En wooouw, ini yang paling seru  D'RISEr… Coz, adik-adik kita yang imyut ituh ditembak dengan  berbagai pertanyaan yang dilontarkan dari para hadirin. Kalau bisa  jawab, tentu dapat reward… Hadiahnya udah diamplopin sama  panitia  penyelenggara bagi anak-anak yang berhasil menjawab  pertanyaan. Haha, tau dongs hadiah apa yang ada di amplop? Duid  gitu lokh! Isinya juga nggak nanggung-nanggung. Lima puluh ribu,  seratus ribu. Adookh… Betapa bahagianya jadi anak-anak. D'RISE  ajah kepengen banget tuuuh…. Heuheu.


Tapi sayangnya D'RISE  cuma bisa ngikut tegang ajah. Apalagi pas anak privatan D'RISE  yang kebagian pertanyaan. En alhamdulillah, dengan mulusnya tuh  anak bisa menjawab pertanyaan dengan tepat! BRAVO! Ya pokoknya acara Khatmil ini emang super duper hebring  deh. Heboh banget! Bin mengharukan. Karena, kebanggaan,  harapan, en do'a semua nyampur jadi satu. So, keren banget buat  Insantama yang sudah LUCKY menjadikan metodologi Qiraati  sebagai kurikulum pembelajaran tsaqofah bagi civitas  akademikanya. SALUT! [Hikari Inqilabi] 
Diberdayakan oleh Blogger.