Header Ads

CEWEK CANTIK= CEWEK KOSMETIK?

Siapa sangka Lady Gaga bakal masuk  dalam daftar 100 wanita paling  berpengaruh versi majalah Forbes  yang terkenal dengan list-nya itu. Kebayang  betapa nyentrik penampilan Lady GaGa,  mulai dari ujung rambut sampai ke ujung  kaki. Cantik ? Relatif sih, yang pasti full  make up.

Dengan perabot kosmetik yang  makin menggila, perempuan yang tua bisa  kelihatan awet muda, yang chubby bisa  terlihat lebih imut, bahkan yang hitam bisa  terlihat lebih putih dari biasanya. Jaman sekarang, perempuan 'ngeri'  jika keluar tanpa make up. Sebab mereka  khawatir entar jerawat serta 'aib-aib lain di  wajah mereka' ketauan ama orang lain.


Ck  ck ck… seolah-olah, topeng kecantikan jauh  lebih baik daripada harus menampakkan  wajah yang sebenarnya. Emang bener,  cewek cantik harus selalu berbalut  kosmetik? “Cewek cntik g harus brkosmetik.  Kalaupun brkosmetik ala kadarny aj jgn  mpe berlebihan. Cewek cantik y yg hatiny  cntik. Kalo secara pribadi, wanita yg  mukany bercahaya krn slalu terkena air  wudhu dan ia selalu tersenyumlah yg  terlihat cantik dr luar. :)” tulis Salsabila, di  wall group FB drise.

Hal senada dikuatkan  Neneng Wahyuni di wallnya page FB  majalah Drise! “g bget menurut yg aq  pahami cantik tuh bukan seberapa mahal n  komplit kosmetik tpi seberapa jauh dia  memahami jati diriny....” Driser, menyukai kecantikan dan  keindahan adalah salah satu fitrah wanita  dan perasaan ingin cantik ini adalah nikmat  Allah SWT. Namun, salah kaprah tentang  kecantikan membuat cewek-cewek tergoda  untuk membeli kosmetika yang dapat  mewujudkan mimpi-mimpi mereka dan  mulai melalaikan koridor syari'at yang telah  mengatur batasan-batasan untuk tampil  cantik.

Ada yang harap-harap cemas  mengoleskan pemutih kulit, pelurus  rambut, mencukur alis, mengeriting bulu  mata, mengecat rambut sampai pada usaha  memancungkan hidung melalui serangkaian  treatment silikon. Idih, ngiri sama pinokio  ya? Allah swt mengingatkan kita:  
“Janganlah kalian (wahai istri-istri Nabi)  bertabarruj/bersolek sebagaimana  tabarruj orang-orang jahiliah yang awal.”  (Al-Ahzab: 33)

 Ibnul Atsir rahimahullahu berkata:  “Tabarruj adalah menampakkan  perhiasan kepada laki-laki yang bukan  mahram (ajnabi). Perbuatan seperti ini  jelas tercela. Adapun menampakkan  perhiasan kepada suami, tidaklah tercela.  Inilah makna dari lafaz hadits,  '(menampakkan perhiasan) tidak pada  tempatnya'.” (An-Nihayah fi Gharibil  Hadits).
So, hati-hati ya. Jangan sampe  niatnya tampil cantik pake kosmetik,  malah jadi gak asyik karena berlebihan  alias tabarruj. Wallahu'alam [Alga Biru]

INFO KOSMETIK YANG PERLU DI LIRIK

Bersolek di hadapan suami maupun menggunakan kosmetik yang tidak berlebihan  diperbolehkan bagi para muslimah. Eits, walaupun diperbolehkan, kita tetap harus  waspada pada bahan-bahan pembuatnya. Belum tentu terbuat dari bahan yang dihalalkan  oleh Allah Swt. Simak liputan berikut ini, yang dikutip dari berbagai sumber.

 1. Ekstrak Plasenta  Plasenta adalah selaput pembungkus janin dalam kandungan (rahim) ibu sebagai penjamin  gizi pada janini, dll. Secara klinis, plasenta dipercaya dapat mencegah penuaan kulit serta  mampu meremajakan kulit yang telah keriput, menghaluskan, melembabkan, dan  membuat kulit nampak segar sebagaimana layaknya bayi.Plasenta ini biasa digunakan  dalam produk hand and body lotion. Dalam dunia kosmetik, plasenta yang dianggap  memiliki kualitas terbaik adalah plasenta manusia, pada grade selanjutnya adalah plasenta  babi dan dua jenis plasenta itulah yang paling sering digunakan. Hati-hati!

2. Cairan Amnion Yaitu cairan ketuban (yang berada di sekitar janin dalam kandungan), berfungsi melindungi  janin dari benturan fisik, pelicin (lubricant) pada proses persalinan. Dipercaya dapat  membantu melembabkan, melembutkan, serta menghaluskan kulit (mirip dengan khasiat  plasenta). Biasa dipakai dalam pembuatan pelembab, lotion rambut, shampoo, serta  berbagai produk perawatan kulit dan kepala lainnya. Sumber cairan amnion biasanya dari  babi atau sapi.

3. Glycerine / Gliserol Yaitu turunan lemak yang diperoleh dari hasil samping dalam pembuatan sabun. Berkhasiat  untuk membantu melembabkan, melembutkan, serta menghaluskan kulit. Dipakai dalam  produk hand and body lotion, sabun mandi, pelembab, krim, lipstick, lip glose, dll. Gliserin  dapat diperoleh dari lemak hewani (misalnya sapi, babi,dll) dan minyak nabati (misalnya  kelapa sawit).  

4. Kolagen  Yaitu protein jaringan ikat yang liat dan bening kekuningan, bila terpapar panas akan  mencair menjadi cairan yang agak kental seperti lem, tidak larut dalam air dan mampu  menahan air. Kolagen sangat penting untuk proses pertumbuhan sel, menjaga kelenturan  kulit, serta mencegah keriput. Biasa dipakai dalam hand and body lotion, dan pelembab.  Dalam dunia industri kosmetik, kolagen biasa diperoleh dari hewani (misalnya sapi dan  babi) atau manusia.  

5. Asam Alfa Hidroksi (AHA) Yaitu suatu senyawa kimia yang sangat berguna untuk mengurangi keriput dan  memperbaiki tekstur kulit. Dipercaya berkhasiat untuk membuat kulit terasa lebih halus,  kenyal dan mantap. Dalam pembuatan AHA, digunakan media yang berasal dari hewan.  AHA menjadi haram digunakan jika dalam pembuatannya menggunakan media berupa  hewan yang diharamkan.


So, driser mesti cerewet dan rajin cek en ricek deh dengan bahan-bahan kosmetik yang  beredar di pasaran. Jangan sampe barang-barang haram nempel di kulit atau badan kita.  Iiih...syerem! [Alga Biru] 
Diberdayakan oleh Blogger.