Header Ads

interviw Hj Irena Handono

Yesss!!!  Kali  ini  D'Rise  dapet  kesempatan  emas  buat  wawancara  Ibu  Hj.  Irena  Handono,  ustadzah  yang  sudah  lama  malang  melintang  di  dunia  dakwah  dan  kristologi.  Oke deh, langsung aja kita cekimprot hasil wawancara Hikari dari D'Rise  dengan Bunda Hj. Irena

Saat ini kita kayaknya sulit banget yah,  ngebedain wanita Muslim en yang bukan.  Kemana  identitas  Muslimah  yang  khas  itu?

  Itulah  strategi  Barat,  mereka  untuk  menghancurkan Islam dengan cara menjauhi  kaum muslimin dari Islam. Sehingga identitas  Muslimah  yang  khas  (pola  pikir  &  sikap  Islam-nya)  kabur  bahkan  hilang,  digantikan  oleh pola pikir & sikap Barat (sekuler).

Mitos  kecantikan,  fesyen,  modernitas,  dijadikan Barat untuk mengacak-acak en  menyerang  peradaban  Islam.  Menurut  ibu?

 Barat  membuat  standar  perbuatan  sendiri yakni asas manfaat. Termasuk mereka  membuat  standar  kecantikan,  fesyen,  modernitas ala mereka. lalu dikampanyekan  kepada  kaum  muslimin,  supaya  kaum  muslimin  berlepas  diri  dari  hukum  syara'.  Inilah  konspirasi  Barat  untuk  menyerang  Islam yang perlu kita waspadai.

Barat  begitu getol  menuduh  plus  menghujat  pakaian  Muslimah  (Jilbab-Khimar) sebagai simbol penindasan kaum  perempuan, benarkah?

Barat memang getol  sekali menyerang Islam dari segala arah dan  seluruh  aspek  dari  Islam.  Bahkan  Allah  &  Rasul-Nya  pun  dihina  dan  dihujat.  Tidak  benar  apa  yang  telah  mereka  simbolkan  kepada jilbab/khimar, inilah salah satu bentuk  fitnah  mereka.  Jilbab/Khimar  merupakan  perintah Allah untuk memuliakan wanita.

Bisakah  kaum  Muslimah  terintegrasi  (bersatu) ke dalam masyarakat Barat yang  pilar-pilar kehidupannya serba kebebasan  itu? Kenapa?

 Secara hubungan muamalah,  kaum  muslimin  termasuk  muslimah  dapat  bercampur dengan masyarakat Barat. Namun  secara pemikiran, tidak boleh mencampurkan  pemikiran yang haq (Islam) dan yang bathil  (Kufur).  Jadi  Muslimah  harus  istiqomah  dengan  Islam  walaupun  hidup  dalam  kehidupan  sekuler.  Bahkan  muslimah  wajib  berperan/upaya mengubah kehidupan sekuler  menjadi kehidupan Islam.

Kalo  kita  ngomongin  Barat,  biasanya  identik dengan mayoritas pemeluk agama  Kristen.  Apakah  Kristen  memang  tidak  mempersoalkan  umatnya,  ketika  bebas  dalam  berpenampilan  di  depan  umum?

 Seperti  diketahui  umum,  Kristen  memang  berasal  dari  Eropa,  negara-negara  Barat.  Namun  apakah  mereka  memeluk  agamanya  secara  kaafah  seperti  kita  muslim  memeluk  agama  Islam?

 Tidak  juga.  Faktanya,  dalam  kehidupan  sehari-hari  mereka  mengabdopsi  hukum-hukum  sekuler.  Kini  banyak  gereja-gereja  di  Barat  yang  sudah  kosong  bahkan  disewa-sewakan  sebagai  tempat  hiburan  umum,  restoran  dsb.  Orang-orang  barat  beralih  kepada  atheisme  yang  merupakan  dampak dari paham “kebebasan tanpa batas”  yang  mereka  anut.  Juga  tentang  pakaian.  Tidak  ada  batasan  bagi  mereka  harus  berpakaian seperti apa karena pilihan pakaian  adalah  hak  asasi.  Telanjang  pun  tidak  d i p e r m a s a l a h k a n   a t a s   n a m a   H A M .   Demikianlah kerusakan moral yang terjadi di  masyarakat Barat.  

Setujukah  ibu  dengan  pernyataan  bahwa  Islam  adalah  agama  yang  sempurna (kaffah),  yang  menentramkan  hati,  jiwa,  en  sesuai  dengan  fitrah  manusia? (Please the explanation!)

Setuju.  Sampai  sekarang  hingga  akhir  zaman  nanti,  Islam  dapat  menjawab  semua  tantangan  zaman  dan  memberikan  solusi  tuntas  untuk  semua permasalahan. Islam tak usang dangan  waktu. Justru islam bagaikan cahaya dalam  kegelapan  yang  dapat  menentramkan  hati,  jiwa dan sesuai dengan fitrah.
Salah  satu  pendeta  Terry  Jones,  m e n g a n g g a p   b a h w a   a l - Q u r ' a n   menginspirasi  aksi  terorisme  sehingga  harus  dibakar.  Komentar  Ibu?

 Tuduhan  tersebut  sama  sekali  tidak  berlandasan.  Karena sama sekali dalam alQuran tidak ada  ajaran-ajaran yang dikatakan Terry Jones. Ini  adalah  fitnah  terhadap  Al-Quran,  yang  dilakukan  Terry  Jones  semata-mata  karena  kebencian  terhadap  Islam.  Dan  latar  belakangnya adalah membuat dirinya populer  dan gereja kecilnya menjadi terkenal supaya  ada donasi yang masuk ke kas gereja.

Boleh  tahu  latar  belakang  Ibu  lebih  memilih Islam?

 Islam agama yang sempurna  dari segala sisi terutama konsep keTuhanan,  objektif,  tepat  untuk  seluruh  manusia,  tidak  membeda-bedakan  suku,  ras,  dan  bangsa  apapun.

Konsep  pakaian  biarawati  kan  mirip  dengan  Jilbab-Khimar  yang  dikenakan  kaum  Muslimah.  Apakah  dalam  ajaran  kristen  memang  ada  keharusan  menutup  aurat bagi biarawati?

Ya, di Kristen ditulis  dalam bibel ada kewajiban menutup aurat. Ini  adalah risalah nabi Isa as. yang masih tersisa.  Demikian  juga  Yahudi,  mereka  juga  mempunyai aturan untuk menutup aurat. Jadi  menutup  aurat  adalah  salah  satu  perintah  Allah  yang  diberikan  kepada  seluruh  nabi-nabi-Nya. 

 Terakhir, kasih  dong  Bu  pesan-pesan  khusus buat D'RISEr biar selalu istiqomah  menjadi  Muslimah  yang  tangguh  (yang  nggak  mudah  kebawa  arus  pergaulan  en  tren  busana  Barat)  guna  menjadi  wanita  shalehah  dambaan  umat?


Pesan  bunda  untuk  D'RISEr  adalah  sejak  dini  gemarlah  mengkaji Islam, ber'amal shaleh dan ber'amar  ma'ruf  munkar.  Jadikan  hidup  sebagai  rangkaian ibadah. [] 
Diberdayakan oleh Blogger.