Header Ads

HIDUP SEHAT DENGAN PROPOLIS

propolis atau Lem Lebah adalah  suatu zat yang dihasilkan oleh  lebah madu. Dikumpulkan oleh  lebah dari pucuk daun-daun yang  muda untuk kemudian dicampur  dengan air liurnya, digunakan untuk  menambal dan mensterilkan sarang.  

Propolis bersifat disinfektan (anti  bakteri) yang membunuh semua  kuman yang masuk ke sarang lebah.  Lebah meliputi sarangnya dengan  propolis untuk melindungi semua  yang ada didalam sarang tersebut  dari serbuan kuman, virus, atau  bakteri, misal: ratu lebah, telur, bayi  lebah dan madu. Sifat disinfektan  alami yang terkandung dalam  propolis sangat ampuh dalam  membunuh kuman, terbukti dengan  ditemukannya seekor tikus dalam  sarang lebah yang telah mati selama  kurang lebih 5 tahun dalam keadaan  tidak membusuk. Sejak puluhan abad yang lalu pada  masa peradaban Yunani, Romawi dan  Mesir kuno, propolis telah digunakan  sebagai bahan alami unggul yang  bermanfaat bagi kesehatan manusia. 


Para Pendeta di zaman Mesir kuno  telah menggunakan propolis dalam  ramuan obat-obatan mereka. Di  Amerika, bangsa Indian dari suku Inca  juga telah menggunakan propolis  sejak zaman dahulu kala. Kata Propolis telah dikenal sejak  zaman Yunani kuno, Dalam bahasa  Yunani asli, kata Propolis merupakan  kombinasi 2 kata yaitu pro dan polis.  Pro memiliki arti pertahanan, dan  polis memiliki arti kota. Secara umum  arti kata propolis adalah pertahanan  Sejarah Propolis kota. Kota yang dimaksud dalam hal ini  adalah sarang lebah, tempat  dimana lebah bekerja dan hidup.  

Serangan dan gangguan yang  mengancam kehidupan lebah dan  tempat tinggal mereka bisa berupa  bakteri yang menimbulkan penyakit,  bisa pula berupa binatang-binatang  kecil yang berusaha masuk untuk  mengganggu mereka. Perilaku hidup dan pola makan yang  tidak sehat serta pencemaran  lingkungan yang semakin meningkat  membawa dampak akan mempercepat  memburuknya sel-sel tubuh, dan  hampir semua penyakit yang muncul  dewasa ini merupakan akumulasi dari  lemahnya dan tidak sehatnya sel-sel  tubuh.
Oleh karena itu propolis adalah  salah satu pilihan solusi yang tepat.

a. Propolis penetral racun dalam  tubuh. Polutan yang terakumulasi di  dalam sel tubuh kita akan  memperlemah metabolisme sel,  sehingga tubuh mudah terserang  penyakit. Peranan propolis adalah  sebagai penetral racun yang  membersihkan sel dari berbagai   macam polutan di dalam tubuh  sehingga sel dapat bekerja secara  optimal.  

b. Propolis juga sebagai anti oksidan  kuat. Pada proses metabolisme tubuh  terutama reaksi-reaksi dengan oksigen  akan terbentuk zat radikal bebas, yaitu  zat yang kekurangan satu elektron.  Untuk melengkapi satu elektronnya   zat radikal bebas mengambil dari sel  tubuh. Sel tubuh yang kekurangan satu  Khasiat Propolis elektronnya disebut sel abnormal. Sel  tubuh yang kekurangan satu  elektronnya dapat menyebabkan  berbagai macam penyakit sesuai dengan lokasinya . Bila terdapat pada  jantung akan mengakibatkan penyakit  jantung. Propolis memiliki zat yang  dapat menyerahkan elektronnya pada  zat radikal bebas sehingga dapat  mencegah terjadinya sel yang  abnormal. Salah satu oksidan yang lain  adalah vitamin A,C, dan E serta enzim-enzim alamiah GPX dan katalase.

c. Propolis Meningkatkan Sistem  Kekebalan Tubuh. Bioflavonoid yang  terkandung di dalam propolis berperan  dalam meningkatkan kerja system imun  (kekebalan tubuh) dengan cara  meningkatkan aktivitas dan  perbanyakan limfosit T dan makrofag  yang sangat berguna dalam  memusnahkan zat asing dalam tubuh  seperti bakteri, sel kanker/tumor dan  virus.

d. Propolis Antibiotika Alami. Propolis  dikenal sebagai antibiotika alami tanpa  efek samping. Penelitian terakhir  dilakukan oleh The Natural Heart and  Lung Institute, London. Menunjukan  bahwa bioflavonoid pada propolis  dapat menghancurkan banyak bakteri  yang kebal terhadap antibiotika  synthetic. Propolis sensitive terhadap  Staphilococcus, Streptcoccus, E coli,  virus influenza, herpes, Helicobacter  pylori, dan Salmonela typhosa. Propolis  juga sensistif tehadap berbagai jamur yang menyebabkan penyakit  kewanitaan.

e. Propolis Memperkuat Sel dan  Mempercepat Regenerasi Sel.  


f. Propolis juga penyembuh ajaib  bagi penyakit seperti:  Arteriosklerosis atau pengapuran  pembuluh darah oleh lemak  Tumor  Anti peradangan atau anti infeksi  (sudah dibuktikan di Eropa Timur  20 tahun terakhir)  Diabetes Melitus atau Kencing  Manis  Propolis dapat meningkatklan sel-sel pangkreas dalam  menghasilkan insulin yang  berfungsi mengatur kadar gula  dalam darah  Gangguan Pencenaan seperti  penyakit Maag dan ulcus atau luka  lambung.   Gangguan Pernafasan seperti TBC  atau Asma.   Propolis dapat meningkatkan daya  pompa jantung (penyakit lemah  jantung), hipertensi dan pencegah  stroke.  Propolis dapat menekan syaraf  parasimpatis untuk  mengekspresikan kesenangan  yang dapat menghindari stress  Penyakit Arthritis atau radang  sendi dan Rheumatik. Propolis yang siap dikonsumsi bisa  kamu dapatkan di Rumah Herbal  Propolis terdekat di kotamu.[] 
Diberdayakan oleh Blogger.