Header Ads

BERTEMAN YANG BAIK

Assalamualaikum Ust, bentar lagi  qu mask skul baru, dapet temn  baru. Tapi qu takut gak bsa jaga  diri krena takut kbawa pengaruh  jelek remaja skrg. Tapi kalo gak  banyak temn kan gak gaul? Nah  sebnarnya dalam Islam gmana  sich tik-trik bertman yang baik?   [Adul-Skbumi]

Wa'alaikum salam wr.wb.

Oke, baik. Pertanyaan ini  memang pas banget buat kamu-kamu di awal tahun ajaran baru  apalagi yang masuk SMA atau  SMP, atau bahan yang mulai  kuliah. Islam mengajarkan  kepada kita untuk sebanyak  mungkin punya teman, bahkan  Imam Ali bin Abi Thalib,  menasehatkan “seribu teman  masih sedikit tapi seorang  musuh terlalu banyak”.


Tapi  meski demikian, tentu bukan  sembarang teman, apalagi di era  permisiv sekarang, ketika  pengaruh pergaulan buruk  begitu cepat menyebar. Salah  mencari temen bisa rusak dan  maksiyat serta rugi dunia  akhirat.  Dek Adul yang baik,  dalam Islam ada beberapa trik-trik menarik mencari teman  baik, diantaranya :  
(1) Kita boleh punya  banyak kenalan, boleh punya  banyak teman tapi kalo buat  'teman baik/ teman akrab' kita  harus selektif, diantaranya dia  harus seorang Muslim (buat kamu yang ikhwan/laki-laki) atau  Muslimah (buat kamu yang  akhwat/perempuan). Hal ini  dijelaskan dalam banyak ayat Al-Quran dan hadist Nabi, a.l. Surat  Ali-Imron ayat 118 : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah  kamu ambil menjadi teman  kepercayaanmu orang-orang  yang, di luar kalanganmu (selain  Islam) karena mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan)  kemudharatan bagimu. Mereka  menyukai apa yang menyusahkan  kamu. Telah nyata kebencian dari  mulut mereka, dan apa yang  disembunyikan oleh hati mereka  adalah lebih besar lagi. Sungguh  telah Kami terangkan kepadamu  ayat-ayat (Kami), jika kamu  memahaminya”.

 (2) Ketika berteman,  jagalah diri dari hal-hal negatif  seperti ghibah (ngomongin orang/  ngrumpi), ikhtilath (campur gaul  laki-perempuan), taqruubuz-zina  (mendekati zina, naudzu billah)  atau perbuatn maksiyat lainnya.  Dalam hal ini kamu mesti  berprinsip, berteman memang  baik dan perlu, tapi kalo membawa dosa dan maksiyat  lebih baik tidak berteman.

 (3) Biasakan untuk  saling menasehati ketika ada  teman yang bertingkahlaku  buruk atau bertentangan  dengan syariah. Ada pepatah  bagus 'teman baik bukan yang  asal ikut-ikutan, tapi teman  yang mendampingi dalam  kebaikan dan menasehati saat  ada keburukan'. Biasakan  bersikap tegas dalam  menghadapi keburukan  misalnya, terbiasa merokok  apalagi hingga mendekati  narkoba, ngajak nonton gambar  dan film mesum, ngajak acara  maksiyat seperti dugem,  pacaran, kemping campur baur,  nge-geng motor, dll. 


(4) Usahakan selalu  menjadikan 'upaya berteman'  adalah'upaya menambah  pahala'. Artinya jadikan  pertemanan kita selalu menjadi  amal yang dirdhoi Allah SWT.  Oke, mudah-mudahan kita  semua dimudahkan mencari  teman baik, manfaat dan  bermartabat…amiin. 
Diberdayakan oleh Blogger.