Header Ads

Tobat Yang Benar

Assalamu’alaikum. WrWb. Pak Ustad, sebagai remaja  yang banyak berteman dan  beraktivitas dengan beragam  lingkungan, saya sering  merasa banyak kegiatan yang  tidak sesuai agama Islam,  bahkan kadang sholat aja  kurang sempurna dan males-malesan. Saya tau itu salah  tetapi belum bisa 100%  tobat. Sebenarnya  bagaimana sih untuk tobat  yang bener itu di era modern  seperti sekarang ini?  Makasih Ustadz. [Ridwan,   Bumi Allah]

Wa'alaikumussalam Wr.Wb.


Ananda Ridwan yang baik,  memang benar, dunia pergaulan  modern sekarang sangat berat  bagi remaja yang mau bener  atau istiqomah. Satu kali ngaji  gak bisa menutupi puluhan atau  ratusan maksiyat dalam sepekan  misalnya. Karenanya, ada  beberapa hal yang mesti  dipahami.
Pertama, seorang  Muslim yang baik bukanlah  mereka yang tak pernah berbuat  salah/ bermaksiat. Melainkan  orang yang selalu berusaha  menjaga diri namun saat ia  terpeleset ke dalam  kemaksiatan ia segera  menyadari hal itu dan balik lagi  ke jalan yang lurus. Inilah yang  disebut bertaubat. Allah SWT  berfirman : “ (ciri orang  bertaqwa itu..) yaitu mereka  yang jika berbuat buruk dan  menzalimi diri sendiri, ia segera ingat kepada Allah lalu ia  memohon ampunan dan  siapakah yang bisa member  ampunan selain Allah? Lalu ia  tidak mengulangi perbuatan  buruknya tersebut dan ia  mengetahuinya…”(TQS.Ali Imron  : 135).  

Kedua,  ketika kita  terpeleset dalam dosa, lalu  bertobat, tidak cukup hanya  dengan itu, melainkan ia juga  harus menambal amal buruknya  sekaligus menambahnya dengan  amal sholih yang banyak,  sebagaimana sabda Rasul SAW :  “Ikutilah keburukan dengan  kebaikan”. Hadis ini  mengharuskan kita bertobat  dengan memperbanyak amal  sholeh jika kita merasa telah  berbuat salah. Ketiga, jika  Syariah Islam telah ditegakkan,  maka jika kita telah mendapat  hukuman Islam (hudud/diyat) di  dunia maka di akhirat dosa  tersebut tidak akan dihukum lagi. Jadi Ananda Ridwan,  semoga bisa melaksanakan  tobat sesungguhnya ini dan  selalu terjaga dari dosa-dosa  lainnya. Tentunya saran terbaik  yang bisa dilakukan adalah  perbanyaklah bergaul dengan  teman-teman dan lingkungan  yang baik dan membawa  kebaikan, karena memang  pengaruh lingkungan itu sangat  besar.


Semoga dengan adanya  tabloid D'Rise ini Ridwan dan  kawan-kawan punya 'teman  baru' yang barokah. Amiin.[] 
Diberdayakan oleh Blogger.