Header Ads

TEMAN SUKA PACARAN

Assalamu 'alaikum.  Kak Mayrina saya mau tanya  bagaimana cara  menyampaikan pada teman  yang suka berpacaran kalau  pacaran itu haram?Mohon  jawabanx, terima kasih
Wa'alaikumussalam Wr.Wb. Dik Zahra yang penyayang.  

Saya bisa memahami,  tentu menggelisahkan hati  ketika teman kita melakukan  dosa. Alhamdulillah, Adik telah  memiliki kepedulian untuk  mengingatkannya. Aktivitas  mengingatkan adalah wujud  kasih sayang sesama muslim  sebagai seorang saudara. Kita tidak rela teman kita masuk  dalam lubang maksiat dan  mendapatkan balasan siksa  Allah.

Seorang teman yang  baik akan mengajak berbuat  taat dan melarang berbuat  maksiat. Kita mengingatkan  bukan dikarenakan benci,  namun karena dorongan kasih  sayang. Seseorang  melakukan aktivitas  berdasarkan pemahamannya.  Ada kemungkinan teman Adik  belum memahami bahwa  pacaran adalah aktivitas dosa.  Ada dua cara untuk  menyampaikan hal tersebut,  secara langsung atau tidak  langsung.  

Secara langsung,  cobalah dekati dan  berbicaralah dari hati ke hati  dengan teman. Carilah saat  yang tepat, seperti waktu  makan siang bersama, atau  saat mengerjakan tugas  berdua. Sampaikan kebenaran  dengan hikmah dan nasehat  yang baik. Melalui hikmah yaitu dengan menyampaikan  dalil (landasan) yang jelas  tentang hukum pacaran,  sehingga menampakkan  kebenaran dan menghilangkan  kesamarannya. Pacaran adalah  aktivitas mendekati zina, dan  Allah melarangnya ”Dan  janganlah kamu mendekati zina,  sesungguhnya zina adalah suatu  perbuatan yang keji.

Dan suatu  jalan yang buruk” (Al Israa:17).  Sampaikan dengan nasehat yang  mampu menyentuh akal dan  hati (perasaan). Ajak berpikir,  bahwa aktivitas pacaran  menyebabkan banyak kerugian  di dunia maupun di akhirat.  Selain diajak berpikir, sentuhlah  perasaanya misalnya dengan  memberi dorongan atau pujian  berupa balasan pahala atas  kebaikan yang dilakukan dan  memberi peringatan celaka  ketika melakukan kemaksiatan.  


Secara tidak langsung,  Adik bisa memberikan buku-buku yang membahas mengenai  pergaulan dalam Islam. Bisa juga  mengajak teman untuk sering mengikuti kajian keislaman agar  terkondisikan dengan  lingkungan pergaulan yang baik.  Dik Zahra, jangan lupa  senantiasa bermohonlah kepada  Allah semoga Allah membuka  hati teman agar mudah  menerima kebenaran. Kita  hanya berkewajiban  menyampaikan, Allahlah yang  akan memberikan petunjuk.  Selamat mengajak teman pada  kebaikan. [] 
Diberdayakan oleh Blogger.