Header Ads

Minyak Zaitun

Jreng jreng, Popeye lagi bergaya di depan pacarnya, Olive. Cewek jangkung tipis bernama lengkap Olive Oyl itu selalu saja merengek sama Popeye kalo si Brutus udah coba-coba iseng. Jadi apa hubungannya pacarnya Popeye ama minyak zaitun? Jelas nggak ada hubungannya, tapi kalo mau dipaksain banget, pacarnya Popeye itu ada hubungannya juga ama minyak zaitun, yaitu dari namanya, hehe. Olive Oil itu bahasa Inggris dari minyak zaitun. Nah, minya zaitun ini yang mau kita kupas dalam sehat ala Nabi kali ini.

Minyak zaitun disebutkan oleh Allah di dalam Al-Quran surat At-Tin ayat 1. Rasulullah juga merekomendasikannya dalam sebuah hadisnya, “Hendaklah kalian menggunakan minyak zaitun sebagai lauk dan jadikan ia sebagai minyak oles, karena ia berasal dari pohon yang diberkahi” (HR. Abu Dawud disebutkan dalam Shahihul Jami’ dan disahihkan oleh Syekh Al Albani).

Nah pastinya apa-apa yang disebut di dalam Al-Quran itu punya khasiat yang luar biasa. Dr. Scott Grandy dari Texas Univerdity dan Dr. Satsoon dari California University mengadakan penelitian tentang menurunnya jumlah penderita penyakit liver di daerah yang penduduknya menjadikan minyak zaitun sebagai campuran makanan. Sebuah penelitian yang diselenggarakan di Roma yang diadakan pada tahun 1997 membuktikan bahwa minyak zaitun dapat menghambat berkembangnya penyakit arteriole (pembuluh darah kecil di liver). Archive of Internal Medicine edisi Agustus 1998 menyebutkan bahwa mengonsumsi satu sendok minyak zaitun setiap hari dapat mengurangi risiko terserang kanker payudara sampai 45%. Sebuah studi dipublikasikan di majalah Lants edisi 20 Desember 1999, bahwa di negara paling miskin di Eropa yaitu Albania ada sebuah fenomena menarik yaitu rendahnya angka kematian di sana. Angka kematian laki2 hanya 41 orang dari 100 ribu orang. Hal ini jauh lebih rendah dengan angka kematian pria di Inggris. Ternyata hal ini disebabkan oleh kebiasaan penduduk Albania mengonsumsi minyak zaitun.

Khasiat yang terbaru tentang minyak zaitun adalah apa yang disebutkan di dalam konferensi Digestive Disease Week di New Orleans Amerika Serikat. Di sana disebutkan bahwa Oleic Acid yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal (yang terdapat di dalam minyak zaitun) membantu perkembangan radang usus besar dengan memblok bahan kimia di usus besar yang menambah parah radang yang terdapat pada penyakit tersebut. Dr. Andrew Hart yang berbicara dalam forum itu manyatakan bahwa dengan mengonsumsi minyak zaitun sebanyak dua sampai tiga sendok makan perhari akan membawa efek melindungi usus besar.

Dengan kandungan asam linoleat pada minyak zaitun kulit kita juga bisa terjaga kesehatannya lho. Minyak zaitun bisa langsung dioleskan atau bisa juga dicampur dengan air saat mau mandi. Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk merawat hewan peliharaan kita seperti kucing. Campurkan aja minyak zaitun dengan makanan kucing kita, khasiatnya adalah membuat bulu kucing lebih berkilau dan sehat serta mencegah akumulasi bulu kucing di lambung dan usus kucing.


Minyak zaitun memiliki kualitas yang berbeda-beda tergantung dari jenis, tempat asal produk, iklim, proses pemerasan, dan metode penyimpanan. Minyak zaitun yang berkualitas tinggi tampak bening, warnanya hijau keemasan atau kuning keemasan, saat dicicipi rasanya hangat dan licin di mulut, ada sedikit pahit atau pedas. Kalo yang berkualitas rendah biasanya agak keruh, kurang bercahaya, kalo dicicipi rasanya hambar dan beraroma aneh. Kalo kawan-kawan susah dapetin minyak zaitun dateng aja ke Rumah Herbal Propolis, di sana tersedia minyak zaitun dengan kualiat terbaik. Mantabs![]
Diberdayakan oleh Blogger.