Header Ads

Memulai dan Mengeksiskan Bisnis Dengan Rumus IRT & 3 ‘Be’

Apa kabar Muslimpreneur? Alhamdulillah … luar biasa … Allahu akbar!!! (dengan ekspresi khas tangan ditengadahkan lalu membentuk lingkaran besar dan dipungkasi dengan mengepalkan tangan kanan ke udara sembari tangan kiri bersiap di pinggang kiri, red.).  Pokoknya mantap deh. Apalagi kalo ditambah dengan 3 x ucapan  ‘Yes’.  

Setelah lama  tak jumpa, kali ini kita akan berbagi  tentang trik dan tips memulai bisnis yang halal lagi thoyyib hingga bisa eksis dengan rumus IRT dan 3 ‘Be’. Selamat menikmati.
Rumus pertama dipake untuk mensiasati bisnis tanpa harus mengeluarkan fulus. Ini gara-gara sistem kapitalisme yang bobrok dari sejak lahirnya itu telah sukses menyesatkan pola pikir pengusaha atau calon pengusaha saat ini. Mereka mikir kalo bisnis itu harus pake modal uang. Uang dipake untuk memperlancar urusan bisnis kita, dari mulai memuluskan, melicinkan dan melempengkan tanpa pandang halal dan haramnya. Peribahasanya nih – menurut kapitalisme – ‘laisa fulus manfus’, maksudnya kalo urusan bisnis  kagak pake duit, kita mampus! 

Dalam Islam, ternyata solusi modal untuk bisnis sukses  banyak sekali dan tidak melulu pake duit.  Ada yang namanya  ide alias gagasan atawa konsep, keahlian, keterampilan,  pengalaman, pendidikan, kepercayaan dan lain-lain  yang semuanya ini melekat dalam badan kita. Dari modal ini lahirlah kemudian ikatan bisnis dengan pihak lain yang dikenal dengan istilah syirkah badan atau syirkah abdan, yaitu kerjasama bisnis dengan modal yang melekat pada badan kita yang tadi itu dari mulai ide sampe dengan kepercayaan.  Bahkan Islam juga sangat respek dengan kepercayaan sebagai modal bisnis. Ini terlihat pada skema kerjasama bisnis yang bernama Syirkah Wujuh, yakni  kerjasama bisnis yang  melibatkan modal berwujud ketokohan (wujuh)  karena  tokoh tersebut memiliki kepercayaan finansial (tsiqah mâliyah) yang tinggi, misalnya dikenal jujur dan tepat janji dalam urusan keuangan.  Dan masih banyak lagi yang lainnnya. Jadi, jelas banget  modal tak melulu berarti duit! (Makanya yuk buruan ngaji biar jadi ngerti dan bisa action secara syar’i…hehehe)

Itulah mengapa lahir rumus pertama untuk memulai  bisnis yaitu IRT : Ide, Relasi dan Trust (kepercayaan).  Siapapun  yang punya 3 modal ini,  ia sangat layak untuk memulai bisnis. Please, trust me!
Sekarang rumus yang kedua, 3 ‘Be’.  Rumus ini kelanjutan dari yang pertama. Jika bisnis sudah kita mulai, maka pantang kita surut langkah. Bisnis mesti eksis. Caranya? Pake 3 ‘Be’.  ‘Be’ yang pertama adalah ‘Be The First’.  Maksudnya, jadilah kita orang yang pertama kali berbisnis di bidang yang kita masuki.  Kalau ternyata, di bidang bisnis yang kita geluti sudah ada pemain lain, jangan takut, kita pake ‘Be’ yang kedua yaitu ‘Be  Better’. Maksudnya, produk kita mesti lebih baik dari produk yang sudah ada. Kalo ternyata …eh ternyata… gak bisa juga, mainkan ‘Be’ yang ketiga : ‘’Be Different’ atau  berikan konsumen kita produk yang khas dan berbeda dengan produk sejenis yang sudah ada sebelumnya.  Produk-produk yang berseliweran dan eksis di sekitar kita saat ini, dipastikan juga menggunakan pedoman 3 ‘Be’ ini. 
Jika rumus kedua ini dimainkan, insya Allah, selain bisa dimulai, bisnis kita juga bisa eksis terus…terus… dan terus. Jadi bisnis sesuai syariah tak sulit kan?

Muhammad Karebet widjajakusuma
www.seminstitute.co.id

www.pengusaharindusyariah.com 
Diberdayakan oleh Blogger.