Header Ads

MELOBI GURU

Asslmkm, Mbak Rina. Sy mau tanya,  gmana crax untk melobi agar saat  olahraga  sya      dizinkan  mmakai  jilbab? Cozx kmrn2 ps sy olhrga pk  jilbab  sy dimrhn n dlrng ikut olhrg.  Bhkn sy dibntak & diejek olh gru n  tmn2 sya s't dlpngan. Sy bngung bmn  hrs mnjlskn kpd gru olhrgx,krn ngliat  muka sy aja bpx gk mau.[Asma di  Bumi Allah]   


Wa'alaikum salam Wr.Wb.                   
Dik Asma yang senantiasa  istiqomah  dalam kebenaran.  Jujur  dari lubuk  hati terdalam, saya salut  kepada Adik. Di tengah para remaja  yang  menggunakan  busana  pengumbar  aurat,  Adik  memakai  pakaian muslimah secara sempurna  (berjilbab dan berkerudung) semata  karena  ketaatan  kepada  Allah. Memang, ketaatan kita kepada Allah  terkadang  harus  dibayar  mahal  dengan  pengorbanan,  seperti  mengorbankan  perasaan  karena  dimarahi dan dibentak guru serta  diejek  teman-teman.  InsyaAllah,  kesulitan yang Adik alami akan diganti  oleh Allah dengan surga-Nya.     
              
Dik Asma, sekarang dunia  memang sudah terbalik. Orang yang  ingin baik dihalangi, sementara orang  yang  berdosa  difasilitasi.  Siswi  berjilbab dilarang,  sebaliknya siswi  yang mengenakan rok pendek dan  blus  ketipisan  dibiarkan,  bahkan  banyak  sekolah  yang  masih  menyuruh siswinya memakai celana  pendek setengah paha saat pelajaran  olahraga.  Padahal  menutup aurat  secara sempurna adalah kewajiban  seorang muslimah yang sudah baligh,  dan      barangsiapa  yang  tidak  melaksanakannya, maka ia tidak akan  mencium bau surga ”Para wanita  yang  berpakaian  tetapi  (pada  hakikatnya)  telanjang,  berlenggak-lengkok, kepala mereka seperti punuk  unta, mereka tidak akan masuk surga  dan  tiada  mencium  semerbak  harumnya syurga ” (HR. Abu Daud).   
                  
Dik Asma, senatiasa  ber semangat l ah  unt uk  memperjuangkan  kebenaran.  Ada  dua cara yang bisa dilakukan untuk melobi guru olahraga, yaitu melobi  sendiri atau melalui perantara. Jika  melobi sendiri, coba Adik temui guru  olahraga tersebut di luar  pelajaran,  misalnya  di  kantor  waktu  jam  istirahat.  Sampaikan  maksud  Adik  untuk  meminta  waktu  berbicara  dengan beliau. Jelaskan dengan kata-kata yang baik, sopan dan jujur (tidak  terkesan menggurui) alasan Dik Asma  memakai  jilbab  yaitu  sebagai  kewajiban bagi seorang muslimah.  Sampaikan dalil syara' dari Al Qur'an  atau  hadist  yang  memerintahkan  untuk menggunakan jilbab.

Bisa juga  Adik  membawa  buku  tentang  kewajiban berjilbab dan berkerudung  untuk ditunjukkan kepada guru jika  Adi k  khawati r  kurang  bi sa  menjelaskan dengan baik. Hal yang  penting juga adalah yakinkan guru  bahwa  Adik tidak  akan  terhalang  untuk  mengikuti  olahraga  --  lari,  lompat jauh,  lompat tinggi, basket,  senam --    hanya karena jilbab yang  dipakai.  Untuk  olahraga  renang,  mintalah  tugas  pengganti  karena  tidak  memungkinkan  berenang  dengan berjilbab.     

Dik  Asma,  selain  melobi  sendiri,  Adik bisa meminta tolong  guru agama atau guru yang dekat  dengan  Adik  untuk  membantu  menjelaskan kepada guru olahraga Bisa juga meminta tolong kepada  pihak yang punya pengaruh, seperti  kepala sekolah. Jika kepala sekolah  dan guru-guru juga tidak mendukung  aktivitas  berjilbab,  Adik  bisa  melibatkan  pihak di luar  sekolah,  seperti orang tua. InsyaAllah dengan  penjelasan orang tua dan pernyataan  orang tua yang bertanggung jawab  atas  pilihan  puteri  beliau  untuk  berjilbab bisa diterima guru olahraga.  Jika upaya diatas tidak berhasil, Adik  bisa meminta dukungan organisasi  dakwah  Islam  yang  konsisten  memperjuangkan  Islam  untuk  memberikan pembelaan.  Dik  Asma,  semoga  Allah  memberikan  kemudahan  untuk  menghadapi ujian ini. Yakinlah Allah  memberi kan  cobaan  sesuai   kemampuan. 


Tiap  ujian  adalah  penempa  untuk  semaki n  meningkatkan  derajat  di  hadapan  Allah SWT. Pelajaran olah raga bukan  segalanya, jika nilai olahraga Adik  kurang memuaskan  karena  situasi  yang  kurang  memberi kan  kesempatan, ukirlah prestasi pada  mata  pel aj aran  l ai n  untuk  membuktikan remaja Islam  adalah  generasi  yang  cerdas.  Selamat  berjuang  dik  Asma, Allah adalah  sebaik-baik penolong dan pelindung  kita.[] 
Diberdayakan oleh Blogger.