Header Ads

JEJAK- JEJAK SANG RAKSASA (KHILAFAH)

Majalahderise.com - Rassul saw pernah bilang kalo Islam itu tinggi  dan tidak ada yang lebih tinggi dari Islam.  Ini bukan omong kosong lho. Pasca Rasul  wafat, sejarah dunia mencatat ketinggian  peradaban Islam. Lets cekidot!

1. Ketinggian sains dan ilmuwan Islam. Secara  jujur, hal ini diakui oleh salah seorang  cendekiawan Barat sendiri, yakni Emmanuel  Deutscheu yang asal Jerman itu. Ia  mengatakan, “Semua ini (yakni kemajuan  peradaban Islam) telah memberikan  kesempatan baik bagi kami untuk mencapai  kebangkitan (renaissance) dalam ilmu  pengetahuan modern.”  

a. Ibn Sina (terkenal di Barat sebagai  Aveciena). Seorang pakar kedokteran  terkemuka hingga abad ini. Ia  meninggalkan karya sekitar 267 buku. Al-Qânûn fî ath-Thibb adalah bukunya yang  terkenal di bidang kedokteran.  

b. az-Zahrawi. Orang pertama yang  mengenalkan teknik pembedahan organ  tubuh manusia. Karyanya berupa  eksiklopedia pembedahan dijadikan  referensi dasar dunia kedokteran selama  ratusan tahun, termasuk di berbagai  universitas di Barat.  

c. al-Khawarizmi. Ahli matematika, penemu  angka nol, sekaligus pencipta salah satu  cabang ilmu matematika, algoritma.  Beberapa bukunya diterjemahkan ke dalam  bahasa Latin pada awal abad ke-12 dan  terus dipakai selama 400 tahun (hingga  abad ke-16) sebagai buku pegangan dasar  oleh universitas-universitas di Eropa. Buku  geografinya berjudul Kitâb Sûrât al-Ard  yang memuat peta-peta dunia pun telah  diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.  

d. Jabir Ibn Hayyan. Pakar ilmu kimia dengan  karyanya Kitâb al-Kimyâ dan Kitâb as-Sab'în. Terjemahan Kitâb al-Kimyâ bahkan  telah diterbitkan oleh orang Inggris  bernama Robert Chester tahun 1444,  dengan judul The Book of the Composition  of Alchemy. Berthelot juga  menerjemahkan beberapa buku Jabir, di  antaranya dikenal dengan judul Book of  Kingdom, Book of the Balances, dan Book  of Eastern Mercury.

e. al-Idrisi. Pakar geografi. Ia telah membuat  bola dunia dari bahan perak seberat 400  kilogram untuk Raja Roger II dari Sicilia.  Globe buatan al-Idrisi ini secara cermat  memuat pula ketujuh benua dengan rute  perdagangannya, danau-danau dan sungai,  kota-kota besar, dataran serta  pegunungan. Beliau memasukkan pula  beberapa informasi tentang jarak, panjang  dan ketinggian secara tepat. Bola dunianya  itu oleh Idris sengaja dilengkapi pula  dengan Kitâb ar-Rujari (Roger's Book). Al-Idrisi pula yang pertama kali  memperkenalkan teknik pemetaan dengan  metode proyeksi; suatu metode yang baru  dikembangkan oleh ilmuwan Barat,  Mercator, empat abad kemudian.  

f. Ibnu al-Haytsam. Master ilmu alam dan  ilmu pasti. Ia menulis buku berjudul Al-Manâzhir yang berisi tentang ilmu optik.  Buku ini diterjemahkan ke dalam bahasa  Latin oleh Frederick Reysnar, dan  diterbitkan di Swiss pada tahun 1572  dengan judul, Opticae Thesaurus.

2.  Bantuan luar negeri. Kekhilafahan  menunjukkan bahwa Islam diturunkan untuk  kebaikan seluruh umat manusia dengan  memberikan bantuan pada orang-orang non  muslim di luar wilayah daulah.

a. Tahun 1845, adalah awal tahun dimana  terjadi kelaparan besar yang melanda  Irlandia yang mengakibatkan lebih dari  1,000,000 orang meninggal. Ketika itu  Khilafah Usmani, Sultan Abdülmecid  menyatakan keinginannya untuk  mengirimkan 10,000 sterling kepada para  petani Irlandia tapi Ratu Victoria meminta  Sultan untuk mengirim hanya 1,000  sterling, karena dia telah mengirim hanya  2,000 sterling. Sultan mengirim 1,000  sterling. Namun secara diam-diam  mengirim 3 kapal penuh makanan.  Pengadilan Inggris berusaha untuk  memblokir kapal itu, tapi makanan  sampai di pelabuhan Drogheda dan  ditinggalkan di sana oleh para Pelaut  Usmani. Dikarenakan peristiwa ini rakyat  Irlandia, khususnya mereka yang tinggal di  Drogheda, menjadi bersahabat dengan  orang Turki.

b. Pemberian sertifikat tanah (Tahun 925  H/1519 H) kepada para pengungsi Yahudi  yang lari dari kekejaman Inkuisisi Spanyol  pasca jatuhnya pemerintahan Islam di  Andalusia.

c. Surat ucapan terima kasih dari  Pemerintah Amerika Serikat atas bantuan  pangan yang dikirim khalifah ke Amerika  Serikat yang sedang dilanda kelaparan  pasca perang dengan Inggris (abad 18). d. Surat jaminan perlindungan kepada Raja  Swedia yang diusir tentara Rusia dan  mencari eksil ke Khalifah (30 Jumadil  Awwal 1121 H/7 Agustus 1709 H)

e. Pemberian izin dan ongkos kepada 30  keluarga Yunani yang telah berimigrasi ke  Rusia namun ingin kembali ke wilayah  khalifah, karena di Rusia mereka justru  tidak sejahtera (13 Rabiul Akhir 1282/5  September 1865)

f. Khalifah membuat peraturan bebas cukai  bagi barang bawaan orang-orang Rusia  yang mencari eksil ke Wilayah khalifah  Utsmani pasca Revolusi Bolschevik (25  Desember 1920). D'RISEr!, itulah beberapa jejak sang raksasa yang  mendunia yang sangat mungkin terulang saat  khilafah tegak nanti. So, ayo kita bangunkan sang  raksasa yang tengah tertidur dengan dakwah  ideologi. Saatnya Islam memimpin dunia! [341,   diolah dari berbagai sumber]

Beberapa Jejak Khilafah di Nusantara ŸPasukan khilafah Turki Utsmani tiba di Aceh  (1566-1577) termasuk para ahli senjata api,  penembak dan para teknisi. untuk  mengamankan wilayah Syamatiirah (Sumatera)  dari Portugis. Dengan bantuan ini Aceh  menyerang Portugis di Malaka.  Ÿ

Pengakuan terhadap kebesaran Khilafah dibuktikan dengan adanya dua pucuk surat yang dikirimkan oleh Maharaja Sriwijaya kepada Khalifah masa Bani Umayah. Surat pertama dikirim kepada Muawiyah dan surat

Sebuah medali emas yang dipersembahkan  oleh Khalifah Ustmani di Turki kepada utusan  Sultan Thaha Syaifuddin yang datang meminta  pertolongan Khalifah untuk melawan  penjajahan Belanda di Jambi Tahun 100 H (718 M) Raja Sriwijaya Jambi yang  bernama Srindravarman mengirim surat  kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz dari  Khilafah Bani Umayah meminta dikirimkan da`i  yang bisa menjelaskan Islam kepadanya.

 Dua  tahun kemudian, yakni tahun 720 M, Raja  Srindravarman, yang semula Hindu, masuk  Islam. Sriwijaya Jambi pun dikenal dengan  nama Sribuza Islam. ŸDeureuham adalah mata uang Aceh pertama  yang diambil dari bahasa Arab dirham.  Beratnya 0,57gram kadar 18 karat diameter 1  cm, berhuruf Arab di kedua sisinya. []

Di muat di majalah remaja islam drise edisi 01
Diberdayakan oleh Blogger.