Header Ads

Cowok Nangis, Tabu?

Cowok pada umumnya terkesan maskulin bin gentle gitu, jadi kalo cowok nangis itu kesannya feminis binti cemen gitu. Apalagi, di kehidupan umum, nangis itu dianggap hanya jadi hak paten kaum hawa, yang terkenal sensitive. Wajar kalo cowok jadi tengsin kalo ketahuan nangis.

Boys, nangis itu bahasa universal bin manusiawi sebagai salah satu bentuk pengungkapan perasaan. Berhubung cowok juga manusia, pastinya gak bisa dicegah tuh airmata jatuh kalo udah mendung di pelupuk mata. Apalagi saat ditinggalkan oleh orang-orang yang dicintainya. Wajar banget kalo cowok menangis sebagai bentuk ungkapan perasaannya.


Pemicu orang menangis bisa macem-macem. Bisa karena terinjak roda kereta api yang melintas di depan mata, kelilipan sepatu, tertipu bisnis online, atau ditinggal orang-orang tercinta. Tapi dari semua keadaan yang membuat kita menangis, menangis karena Allah itu yang paling joss! Nah, apa yang terkategori menangis karena Allah itu?

1. Menangis karena ingat dosa
Putus dari pacar atau berniat memutuskan untuk tidak pacaran lagi, dan kemudian tobat, itu menangis yang manis. Dalam islam, dosa bagaimanapun bentuknya besar atau kecil banyak ataupun sedikit selagi yang mengerjakan dosa memiliki kemauan untuk bertaubat Insya Allah akan diampuni.

2. Menangis karena ingat akhirat
Pada saat sendirian di malam hari pas saat sholat tahajud, kemudian ingat akhirat, trus ditambah belum banyak amal sholih yang kita lakukan, saat itulah menangis yang dianjurkan. Dari Abu Hurairah, di berkata, Rasulullah bersabda, “Tujuh macam orang yang akan dinaungi Allah pada hari yang tiada naungan kecuali naungannya … dan seorang yang mengingat Allah dalam kesendiriannya, lalu kedua matanya berlinangan air mata.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Menangis karena amanah yang khawatir tidak tertunaikan
Ketika kita dapat amanah apalagi yang terkait dengan jabatan, maka kebanyakan dari kita bersuka ria, tapi tidak dengan yang sadar kalo amanah itu pertanggujawaban, pasti akan menangis karenanya. Seperti yang terjadi ketika Umar bin Abdul Aziz diangkat menjadi khalifah.

4. Menangis karena dibacakan ayat-ayat Allah
Seringlah banyak membaca Alquran, apalagi jika mau memahami arti dan maknanya, karena itu yang bisa bikin kita nangis. Seperti layaknya para sahabat Rasulullah Saw. “Wahai Rasulullah Saw, sesungguhnya Abu Bakar adalah laki-laki yang mudah luluh hatinya. Apabila ia membaca al-Qur’an, maka ia tidak akan bisa menahan air matanya.” (Mutafaq ‘alaih).

5. Menangis karena khawatir ‘terjebak’ dunia
Abdurrahman bin Auf menangis karena kekayaannya, ia iri dengan Mushab begitu miskinnya hingga kain kafan Mush'ab tak cukup menutupi seluruh tubuhnya. Salman al Farisi menangis jelang wafatnya, ia takut tak bisa penuhi nasehat Nabi untuk zuhud padahal harta Salman saat itu hanya ember untuk mencuci dan mandi.

6. Menangis karena bersedih atas nasib kaum muslimin
Dan yang cukup membuat kita harusnya juga menangis adalah ketika melihat nasib kaum muslimin yang terpuruk bin terzhalimi saat ini. Umat muslim di Palestina, Rohingnya, Syiria dan sebagainya saat ini mengalami pembantaian yang tiada henti. Belum permasalahan negeri kita sendiri yang notabene negeri muslim terbesar, tapi kemaksiatan macam pornografi, seks bebas, prostitusi masih marak di negeri ini.

Jadi boys, menangislah sebelum menangis itu dilarang. Menangis koq dilarang? Iya, nanti ketika sudah mati, maka menangis tentu tidak bisa dan tidak ada gunanya. Perawakan boleh gagah layaknya gatotkaca, tapi hati kalo bisa seperti arjuna J. Menangislah selagi bisa dan menangis hanya untuk Allah. Jangan nangis bombay cuman karena ditinggal pacar yang aduhai. Yuk berlindung kepada Allah dari hati yang mengeras, agar kita dibisakan menangis karena Allah. Yuuk! [LBR]

BOX:
Menangis itu manusiawi sekali. Malah banyak manfaatnya. Mau tahu? Silahkan nangis! Hehehe….Cekidot:

1. Membantu Penglihatan
Setelah menangis biasanya penglihatan kita justru akan lebih jernih. Hal ini dikarenakan air mata yang keluar saat menangis mencegah dehidrasi pada membran mata yang dapat menyebabkan pengelihatan mata menjadi kabur (bukan diculik yaa hehehe..).

2. Pereda Stress
Menangis juga efektik mengurangi stress. Air mata yang keluar ternyata mengandung hormon stress yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine- enkaphalin dan prolactin. Dengan begitu, datangnya beberapa penyakit yang disebabkan karena stress seperti darah tinggi pun bisa diminimalisir.

3. Pemicu Mood
Saat kita sedang sedih, mungkin sedang tidak mood, biasanya menangis menjadi luapan emosi kita. Dan setelahnya, apa yang kita rasakan? Sedikit lega? Yupz, pantas memang, hal ini dikarenakan menangis dapat memicu mood seseorang. Sebab air mata yang keluar karena emosi mengandung 24% protein albumin yang berfungsi untuk meregulasi sistem metabolisme tubuh dibandingkan dengan air mata yang dihasilkan karena iristasi mata.

4. Penghilang Bakteri
Menangis juga bisa membunuh bakteri? Bener bangt, karena air mata memiliki antibakteri alami. Adalah lisozom, antibakteri alami yang berguna membunuh bakteri 90-95% hanya dalam kurun waktu 5 menit saja.[]


Diberdayakan oleh Blogger.