Header Ads

CJ7 STEPHEN CHOW JADI AYAH

Mendengar nama  Stephen Chow pasti  langsung kegambar  sosok yang lucu dan  gokil abis. Apalagi  film Shaolin Soccer  dan Kungfu Hustle-nya sukses membuat  orang terpingkal-pingkal melihat  aktingnya. Wajah tak  berdosa, tapi banyak  gaya. Itu juga yang  terpikir ketika D'RISE  liat wajahnya di  rental VCD, “Wah  film lucu nih,” bisik  hati D'RISE.  Judulnya CJ7,  gambarnya Stephen Chow dan seorang anak  laki-laki lagi melotot keheranan oleh benda  aneh berbentuk bulat hijau.

Setelah selesai nonton, ternyata beda  banget dengan yang selama ini kita kenal  tentang aktor kita satu ini. Cukup berani juga  Stephen Chow berakting yang lain dari  biasanya. Dia menjadi seorang ayah dari  seorang anak laki-laki bernama Dicky Chow,  yang diperankan oleh Xu Jiao. Sang ayah tentu menginginkan anaknya  punya pendidikan yang baik, maka dia  masukkan ke sekolah bergengsi. Walaupun  penghasilannya dari buruh bangunan serba  pas-pasan. Dateng ke sekolah, pakaian Dicky kucel  and the kumel, wajahnya belepotan, hal itu  membuat gurunya iba dan bertanya perihal  ortunya.

Lebih ngenes lagi waktu Dicky ngiler  ngeliat temennya mamerin mainan yang  mahal, maklumlah sekolah elit, sementara  Dicky cuman anak buruh bangunan. Dicky  merengek-rengek sama ayahnya, pengen  juga punya mainan sama kaya temennya.  Sang ayah malah memberi nasehat panjang  lebar. Dicky kadang benci sama ayahnya  yang tidak memenuhi keinginannya, walau ia  sering melihat ayahnya menjahit pakaiannya,  menyeterika bajunya, memperbaiki  sepatunya. Tapi begitulah anak-anak,  kadang-kadang nggak mau mengerti, mereka  hanya mau apa yang mereka inginkan. Inilah keunggulan film ini, menunjukkan  betapa seorang ayah berjuang mati-matian  buat pendidikan anaknya.

Buat D'RISEr yang  udah siap masang wajah senyum lebar bakal  balik jadi merinding. Sang ayah pinjem uang  pada bosnya tapi ditolak terus, dan kata-kata  yang dia dapat dari bosnya itu nyakitin hati  banget, “Kalau miskin jangan sekolah.” Dan  tiba-tiba sang ayah menemukan boneka hijau  bulat, yang akan dihadiahkannya untuk  anaknya. Benda hijau bulat yang dikira mainan itu,  ternyata monster kecil dari luar angkasa, nah  disinilah keanehan-keanehan dan kelucuan-kelucuan terjadi.

Saat yang paling  mengharukan adalah ketika Dicky mendengar  ayahnya meninggal. Itulah pukulan terbesar  yang diterimanya. Dia terbayang nasehat  ayahnya tiap hari, “walaupun kita miskin, kita  tak boleh mencuri, tak  boleh berkelahi, harus berkata  jujur, bla bla”. Jahitan bajunya,  menjahit sepatunya, dan Dicky  menyesal karena telah berlaku  tidak baik kepada ayahnya.  Dan kebahagiaannya yang  sesungguhnya adalah  keberadaan ayahnya itu di  dekatnya, bukan yang lain. Ah, seru banget dah.  

Nonton deh, banyak pelajaran  yang bisa kita petik dari film ini,  tentang tekad untuk hidup lebih  baik, tentang memegang teguh  prinsip, tentang pengorbanan  orang tua kepada anaknya  yang sering disalahtafsirkan  oleh si anak sendiri. Gak ada  salahnya, kita bercermin pada  film CJ7 sekedar mengingat  besarnya pengorbanan dan  jasa ayah yang udah banting  tulang untuk kehidupan kita.  Dan satu hal yang mesti kita  pupuk dalam jiwa kita, semiskin  apapun kehidupan kita, tidak  berarti kita boleh menghalalkan  segala cara untuk hidup.  Apalagi sebagai muslim, yakin  deh ALLAH swt nggak pernah  lupain hamba-hamba-Nya yang  selalu berusaha untuk tetap  pake aturan hidup Islam  dimana saja, kapan saja, dan  dalam kondisi apa saja.[ridwan

Pemain: Stephen Chow, Xu Jiao, Kitty Zhang,
Yuen Qiu, Lam Chi Chung, Danny Chan Kwok.
Sutradara: Stephen Chow.
Durasi: 88 menit
Produser: Stephen Chow
Company: Columbia Film Pictures Asia

Genre: Komed 
Diberdayakan oleh Blogger.