Header Ads

CATATAN TINTA EMAS KETINGGIAN PERADABAN ISLAM

dengan kisah-kisah ini kita tidak ingin  bernostalgia dan selalu menengok  masa lalu. Apalah artinya uang  segudang tapi adanya di masa lalu dan  sekarang dengan kantong kosong dan perut  lapar kita menjadi pengemis pada rentenir-rentenir dunia.” (h.8)

Buat kamu para pelajar, buku-buku  soal dinamika dunia sains teknologi  mustinya menarik dan pengen segera  dilahap. Apalagi bahasanya yang sederhana  dan fakta-datanya yang unik karena jarang  ditemukan dalam buku lain sejenis; musti  nambah keingintahuan kamu. Termasuk  buku kecil ini. Kalimat pembuka diatas, merupakan  ruh dari buku kecil bermakna besar ini.  Inilah buku dengan judul TSQ Stories karya  ilmuwan muslim muda kita, Dr. Ing. Fahmi  Amhar.

TSQ sendiri merupakan kependekan  dari Technoscience Spiritual Quotient yang  diterjemahkan dalam bahasan umum  sebagai 'kecerdasan ilmiah dan  kreativitasteknologi berbasis spiritual' (h.7) Buku ini sendiri merupakan sebuah  kompilasi dan penyempurnaan dari puluhan  tulisan-tulisan lepas Ust. Fahmi Amhar  dalam Tabloid Dakwah Islam : Media Umat  dari tahun 2008 sampai 2010. Namun tentu  saja dengan tambahan kelengkapan data  dan gambar yang lebih baik. Buku yang berdimensi 13 cm X 18 cm x  1,3cm ini mengulas agak detil dan teknis  tentang jenis-jenis sains dan teknologi yang  berkembang pesat dalam masa  pertumbuhan Negara Khilafah Islamiyah.  

Misalnya tentang ilmu Bahasa, olah raga,  seni, matematika, astronomi, fisika, kimia,  kedokteran, revolusi pertanian, geografi,  sosiologi, psikologi, tata Negara, ekonomi,  arsitektur, komunikasi, teknologi kelautan  dan pelayaran bahkan manajemen.  Penjelasan yang mudah dicerna, praktis,  tidak berbelit-belit dengan bahasa ilmiah  sulit, menjadikan buku ini mudah dicerna  masyarakat umum apalagi buat kamu-kamu  para remaja.  
Kamu tau penemu pesawat terbang?  Pasti mayoritasnya menjawab Wright  Bersaudara! Salah! Karena sebenarnya  dalam sejarah Islam apa yang dilakukan  oleh Wright Brother telah diuji coba oleh  Abbas Ibnu Firnas (810-887 M). Ibnu  Firnas salah seorang polymath (segala ahli;  ahli matematika, kimia, fisika kedokteran,  sastra,dll). Dia telah mencoba berbagai alat  awal dunia penerbangan sejenis ornithopter  yaitu sayap buatan yang dikepak seperti  gerak sayap burung/lebah; juga  menemukan alat terbang seperti gantole  bahkan baju keselamatan seperti parasut  saat ini (hal.57-61).  

Well, selain melahap isi buku yang  bagus ini, kamu juga mesti melahap biodata  Sang Penulis; Dr. Ing. Fahmi Amhar. Beliau  masih belia dalam usia namun 'sangat tua'  dalam menguasai bidang saintek yang  digelutinya. Meraih gelar doktor sejak usia  29 tahun, dan dalam usianya sekarang  sekitar 42 tahun sudah mendapat gelar  Profesor Riset …. Wooow ruarr biassa…  Allahu Akbar! Moga-moga menjadi aset  hebat dalam membangkitkan umat (h. 210).

Satu hal luar biasa dari buku ini yang  nyaris tidak pernah didapat dari buku  saintek Islam sejenis adalah inspirasi dan  motivasi bagi para pembaca untuk  memahami bahwa kemajuan saintek di  masa kejayaan Islam tidak berdiri sendiri  melainkan tetap merupakan bagian tak  terpisahkan dari adanya kekuasaan negara  Islam yang mengayomi umat dan dunia  dengan penerapan Syariah Islam dan  Sistem Pendidikan Islam paripurna,  sehingga lahirlah para pelajar dan ilmuwan-ilmuwan yang mengembangkan semua  bidang sains teknologi bagi kemaslahatan  manusia dan dunia…


Dari segi tema tentang dinamika  ilmuwan dan perkembangan ilmu dan  pengetahuan dalam sejarah Islam yang  agung zaman dulu; bisa dikatakan bahwa isi  dan tema buku ini bukan hal baru. Bahkan  banyak buku lain yang lebih lengkap, lebih  tebal dan mungkin lebih populer. Namun  satu hal yang tidak pernah didapat dari buku  lain, dan hanya di dapat dalam buku ini  adalah 'keterkaitan erat dan nyata' antara  'dinamika sains dan teknologi umat Islam'  dengan 'dinamika Negara Islam/Khilafah'  yang menaungi seluruh dinamika tersebut.  Sebagai pelajar Islam kamu kudu baca buku  ini. Segera![AM] 
Diberdayakan oleh Blogger.