Header Ads

Bagaimana caranya supaya shalat kita khusyu?

Assalamu’alaykum….
Ust, bagaimana caranya supaya shalat kita khusyu? (Faizal – Bogor)

Wa’alaykum salam wr. Wb.
Saudaraku yang dirahmati Allah.

            Ada beberapa kiat khusyu' dalam shalat yang kerap kali disinggung oleh para ulama dalam kitab-kitab mereka. Khususnya yang berkenaan dengan hukum dan tata cara shalat. Di antaranya:
1.    Mengenal Allah, Menghadirkan, Mengagungkan dan Takut Kepada-Nya.
Orang yang paling khusyu' dalam shalat adalah orang yang paling bertakwa. Maksudnya, hanya orang-orang yang berilmu yang tergolong bertakwa kepada Allah.
2.    Ikhlash Dalam Melaksanakannya
Satu amalan yang dilakukan dengan ikhlas, dengan sendirinya akan mudah meleburkan diri si hamba secara menyeluruh ke dalam ibadah itu sendiri.
3.    Menghindari Berpalingnya Hati Dan Anggota Tubuh Dari Shalat
Aisyah pernah bertutur: "Aku pernah bertanya kepada Rasulullah tentang berpalingnya wajah di kala shalat, ke arah lain. Beliau menjawab: "Itu adalah hasil curian setan dari shalat seorang hamba." Ath-Tayyibi menyatakan: "Dinamakan dengan "hasil curian", menunjukkan betapa buruknya perbuatan itu. karena orang yang shalat itu tengah menghadap Allah, namun setan mengintai dan mencuri kesempatan. Apabila ia lengah, setan langsung beraksi! Diriwayatkan oleh Muslim: 832 dan Ahmad: IV/ 112-385.
4.    Memelihara Tuma'ninah (Ketenangan), Dan Tidak Terburu-buru Dalam Shalat
Hal ini terpahami jelas dari hadits tentang "Shalat orang yang asal-asalan", yang lalu dikoreksi oleh Nabi. Bahkan orang itu disuruh mengulangi shalatnya dengan sabda beliau, yang artinya: "...dan ruku'lah sehingga kamu tuma'ninah dalam ruku' itu. Lalu tegaklah berdiri sampai kamu tuma'ninah dalam berdiri...dst".
5.    Semangat Dalam Melakukannya
Ini satu hal yang lumrah. Karena tatkala seseorang shalat dengan seenaknya, malas dan tidak bersemangat; jelas tak akan dapat diharapkan kehusyu'annya.
6.    Memilih Tempat Shalat Yang Sesuai
Artinya yang memenuhi syarat agar bisa membuat shalat kita menjadi khusyu'. Tempat yang tenang, jauh dari keributan, dan terhindar dari hal-hal/sesuatu yang menghalangi malaikat (rahmat) untuk memasuki tempat kita menunaikan shalat.
7.    Menghindari Segala Yang Menyibukkan Dan Mengganggu Shalat
Termasuk dalam lingkaran larangan itu, shalat di kala makanan sudah dihidangkan, atau shalat di kala sedang menahan buang air kecil atau besar.
8.    Memanjangkan Bacaan
Memanjangkan bacaan Al Quran dalam shalat, seringkali membantu proses kekhusyu'an, terutama bagi yang mengerti kandungan makna bacaan itu, atau bagi orang yang dianugerahi Allah kelembutan jiwa.
9.    Hendaknya kita shalat, seperti shalatnya orang yang akan bepergian jauh (meninggalkan alam fana)
Rasulullah pernah menegaskan: "Apabila engkau melakukan shalat, maka shalatlah kamu, dengan shalatnya orang yang akan meninggalkan alam fana..." Yang dimaksud, agar kita shalat dengan shalatnya orang yang rindu untuk berjumpa Allah.


Demikianlah beberapa tips untuk membantu menjadikan shalat kita khusyu. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam[]
di muat di majalah remaja islam drise edisi 08
Diberdayakan oleh Blogger.