Header Ads

Menghilangkan Malas

Assalamu ‘alaikum
Mbak, bagaimana cara menghilangkan rasa malas, seperti malas belajar, dan malas mengerjakan tugas.
( Dn, Lampung)
Wa’alaikumussalam Wr. Wb.
Dik Dn yang baik,
          Penyakit malas merupakan virus yang sering menyerang kita. Malas berupa kondisi keengganan seseorang melakukan kegiatan yang seharusnya atau sebaiknya dia lakukan. Orang yang malas adalah orang yang tidak memiliki semangat. Padahal semangat adalah energi yang menggerakkan seseorang untuk menyelesaikan tugasnya. Perilaku malas merupakan hasil suatu bentukan, artinya perilaku itu bisa dirubah menjadi perilaku yang tidak malas lagi (bersemangat). Pada dasarnya perilaku kita terbentuk karena faktor kebiasaan. Kalau seseorang terbiasa bersikap rajin dan bersemangat, maka ia akan selalu rajin dan bersemangat, begitu pula sebaliknya. Jadi kalau adik merasa sering terjangkit rasa malas, maka jalan untuk mengubahnya adalah dengan membiasakan diri melawan sikap malas tersebut. Cara melawan sikap malas yaitu dengan memaksa diri kita untuk melakukannya tanpa menunda. Sadarilah bahwa kemalasan dengan menunda belajar atau mengerjakan tugas akan menimbulkan kesulitan baru, karena beban kita semakin banyak “Barang siapa menunda pekerjaan, maka ia menumpuk kesulitan”. Seseorang yang memiliki cita-cita atau impian yang besar, jika sering didera kemalasan, maka cita-cita atau impian besar itu akan tetap menjadi impian saja. Oleh karena itu, semaksimal mungkin orang harus mencegah munculnya rasa malas agar memperoleh keberhasilan.

Dik Dn yang baik,
             Perilaku malas biasanya disebabkan karena tidak adanya motivasi kuat untuk mengerjakan sesuatu. Seseorang malas akibat belum memiliki tujuan atau cita-cita. Disinilah inti persoalannya, tanpa tujuan dan komitmen kuat untuk mencapainya, maka seseorang beraktivitas ibarat air mengalir yang terombang-ambing tergerus arus yang membawanya. Supaya motivasi itu muncul, adik harus mulai menentukan cita-cita atau tujuan hidup. Setelah tujuan hidup ditentukan, adik perlu membuat langkah-langkah yang akan membawanya pada pencapaian target tujuan, misalnya adik menargetkan lulus UAN tahun ini, maka langkah-langkah untuk mewujudkannya adalah dengan membuat jadwal belajar secara rutin, ikut les, dsb, serta senantiasa semangat menjalaninya. Jika rasa malas menyerang, kembali jangan berlama-lama duduk berdiam diri. Segera bangkit berdiri dan bergabunglah bersama teman-teman yang tekun dan bersemangat dalam belajar, karena lingkungan mempengaruhi kita.

Itulah panduan agar kita tidak terjangkit penyakit malas. Akan tetapi yang paling utama jangan sampai kita lupa berdo’a agar Alloh senantiasa memberi kita semangat dan agar menjauhkan diri kita dari penyakit malas tersebut “Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhi. Wa a’udzu bika min’adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat. (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-mu dari siksa kubur, serta bencana kehidupan dan kematian)”. Wallohu A’lam bishowab.

di muat di majalah drise edisi 09
Diberdayakan oleh Blogger.