Header Ads

“Kutu Buku on the Track!”

Bukuku adalah teman duduk terbaikku yang tiada pernah bosan
Pemandu kebenaran yang tak pernah jemu
Pemberi berita masa lalu yang telah berjalan berabad-abad lamanya
Seakan-akan aku melihat masa-masa itu masih ada


Tuh! Bener banget! Orang yang sudah menjadikan buku sebagai teman akrab, dijamin tak kan kenal kata bosan. Sebab di dalam setiap buku akan kita dapatkan informasi baru yang bisa menginspirasi pembacanya. Dari sekedar baca, bisa menjadi obsesi. Alga sendiri mengalami hal itu. Awalnya sih cuma seneng baca, lama-kelamaan kepikiran: ‘wahh,,, bakal seru ya kalau suatu hari saya bisa menulis buku, pahala mengalir terus, menginspirasi banyak orang, dan bawa kebaikan yang tak putus-putus’. Coba deh liat gimana para pegiat buku begitu demen dan setia ama penulis kesayangannya. Aktivitas membaca dan kecintaan terhadap buku, membuat otak kita senantiasa bekerja dan berorientasi melahirkan cetusan ide. Orang yang banyak baca, biasanya banyak pengetahuannya. Orang yang banyak pengetahuannya, bijak akalnya. Orang yang bijak akalnya, lebih produktif untk menebar kebaikan bagi orang lain. Mau?!

Apa Sih yang Kamu Baca ?
Harry Potter….? Manga….? Novel cinta monyet….? Novel kupluk….? Buku kiri….? Atau Buku ‘jadi-jadian’….? Inilah beberapa jenis buku yang lumayan banyak peminatnya, terutama buat anak remaja kaya kita-kita. Tapi kok gak ada bacaan Islamnya ya? Hehehe…
Driser, bukannya kita mau batasin jenis bacaan kamu, tapi kalo bisa sih jenis buku di atas nggak jadi bacaan andalan. Cukup jadi selingan, kalau sempat, dan kalau ada yang minjemin (Mode ‘hidup irit’: ON!)). Kenapa begitu? Karena masih ada buku andalan lain yang lebih penting dan berfaedah untuk kita kunyah isinya. Apalagi yang kamu baca, bakal jadi modal untuk pembentukan karaktermu. Kalau sehari-harinya baca buku ‘cintaaaaaaa’ melulu. Jadi deh kamu si ratu cinta. Bawaannya kasmaran, padahal ngga ada yang doyan (ups!). Nah, apa jadinya kalau suatu hari ada yang ngajakin ngobrol tentang sejarah atau teknologi?? Kita jadi bengong kaya sapi ompong. Woahh, ketahuan deh gapteknya. Abisnya,,, bacaannya cerita cinta atau gosip seleb mulu. Bacalah bacaan yang padat ilmu, kaya makna dan dapat membentuk karakter unggul sebagai remaja muslim pada diri kita. Baca DRISE bisa jadi pilihan pertama dan utama (ciiiee… hehe). Cukup?? Ya kagak laahhh…

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia mendapatkan satu kebaikan, sedangkan kebaikan itu dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

Ya! Jangan sampe lupa, bacalah Al-Qur’an yang agung. Di dalam al-Qur’an, segala jurus kehidupan telah terangkum. Barangsiapa yang membaca Al-Quran dan mengamalkannya, niscaya akan selamat dunia akhirat.

Selain Al-Quran yang agung, kita juga perlu giat mendalami buku-buku pengetahuan lainnya, seperti buku sejarah, fiqih, muamalah (kesehatan, ekonomi, budaya), dan lain-lain. Karena Islam pernah mengalami sebuah kemajuan dalam bidang pengetahuan dan teknologi pada masa Khalifah Abbasiyah yang didirikan oleh Abdullah al Saffah ibn Muhammad ibn Ali ibn Abdullah ibn Abbas. Yang pada masa pemerintahannya telah berkembang pesat dalam dunia pendidikan, dan pada masa ini pula awal terciptanya sebuah kertas dan sudah adanya mesin cetak yang bangsa Eropa dan Romawi belum memilikinya. Mereka adalah gambaran orang-orang yang giat menggali karakter dan sistem kehidupan berdasarkan Al-Qur’an dan Assunnah. Yuk, kita ikuti jejak mereka! Open your book, open your mind, and  Get your dreams!

BOX: MELIPATGANDAKAN DAYA INGAT
Kita sering lupa dengan apa yang dibaca. Apalagi pas mau ujian. Makanya,,, yuk coba teknik berikut ini:
1.       Visualisasi
Bermanfaat untuk mengingat sejumlah informasi sederhana dengan cara membuat CERITA IMAGINASI antar informasi tersebut, syaratnya :
ü Buat cerita imaginasi yang lucu & tidak masuk akal (benda pertama melakukan benda kedua dst
ü Boleh menambahkan bunyi, warna, bau maupun dengan memperbesar atau memperkecil obyek
ü Bayangkan cerita imaginasi tsb

2.       Membuat pola
Yaitu mengingat rumus tertentu karena ada ‘KETERATURAN’, cukup diingat satu yang lain mengikuti saja . Hal ini bisa menghemat memory sekaligus memudahkan mengingatnya. Misalnya nih sewaktu kita menghafal  rumus matematika seperti sudut-sudut istimewa Sin-Cos-Tan.

3.       Memetakan pikiran
Nah, teknik in sangat berguna untuk mengingat pelajaran yang jumlahnya banyak dan sulit dipahami. Caranya: buat tema / judul lalu letakkan di tengah2, dikelilingi oleh cabang atau keterangan. Untuk merangsang ingatan, coba kombinasikan dengan bentuk dan warna-warna menyolok pada cabang-cabangnya. Selamat belajar!


Oleh: Alga Biru
Diberdayakan oleh Blogger.