Header Ads

Jurus-jurus Retorika

Judul                     : Ilmu Retorika Untuk Menggucang Dunia
Penulis                 : Dwi Condro Triono
Penerbit              : Irtikaz
Dimensi               : 22 x 15 cm 364 hal (hvs 70 gr)
Harga                    : Rp. 60.000

Mungkin D’Riser pernah bertanya-tanya, kenapa ada seorang pembicara yang ceramahnya asik, seru, enak didengar, dan pastinya bikin betah berjam-jam dengerin. Sebaliknya, ada juga pembicara yang ceramahnya malah bikin ngantuk, membosankan, nggak jelas, dan rasanya ingin pulang saja. Padahal, materi yang disampaikan itu-itu juga. Nah lho, kok bisa ya?

Nah, permasalahan di atas dijawab kontan (nggak pake ngutang bin kasbon)  dalam buku “Ilmu Retorika Untuk Mengguncang Dunia”. Buku besutan Ust. Dwi Condro Triono ini ngasih jurus-jurus  dan trik-trik supaya penyampaian materi dakwah makin maknyus dan menarik! Ciiieeehhh.  Selain menyajikan teori-teori retorika, buku ini juga disertai contoh-contoh kasus sehingga pembaca bisa lebih memahami penerapan teori-teori yang disodorin.

Yang membuat buku ini jadi semakin unik adalah kemasan gaya bahasanya itu lho yang santai abis. Jadi cocok dibaca untuk semua kalangan, termasuk para D’Riser di seantero jagat.  Salah satu kunci rahasia utama kesuksesan dalam beretorika yang dibahas dalam buku terbitan Irtikaz ini adalah keluwesan dalam penggunaan bahasa.

Buku ini disusun secara sistematis ke dalam 3 bagian. Pada bagian 1: Mengenal Retorika untuk Mengguncang Dunia, pembaca akan diberi pengantar mulai dari seluk-beluk retorika, sampai kebutuhan akan retorika untuk “mengguncang dunia”.

Bagian 2: Tahap-tahap Penguasaan Retorika Tingkat Dasar, akan membeberkan resep dan rahasia penguasaan retorika di depan audiens supaya menarik dan sukses. Bagian ini memberikan tahapan-tahapan mulai dari tahapan paling rendah sampai tahapan tertinggi, yaitu: “Sukar Berbicara”, “Sukar Difahami”, “Enak Difahami” dan “Memukau Pemahaman”.

Materi puncak dari buku ini adalah bagian 3: “Jurus-jurus Retorika Tingkat Lanjut”. Bagian ini akan membahas 9 jurus retorika tingkat lanjut yang mampu mengguncang dunia. Mulai dari jurus yang paling sederhana “Membangkitkan Pemahaman” sampai jurus paling canggih yaitu “Mengunci dan Membanting Pemahaman”.

Bagi para pengemban dakwah, apalagi buat para pemula, buku ini sangat layak konsumsi. Buku ini sangat membantu untuk mengemas materi dakwah supaya menarik dan bisa diterima masyarakat. Malahan buku ini juga menuntun cara untuk membalik pemahaman masyarakat yang awalnya takut menjadi tertarik, dari meremehkan jadi terpana, bahkan dari fobia menjadi cinta!

Ini sangat penting sebab dakwah merupakan instrumen perubahan. Sejarah membuktikan perubahan dahsyat yang terjadi pada suatu bangsa ternyata dimotori oleh orang-orang yang memiliki retorika yang hebat. Misalnya Adolf Hitler, yang berkat orasi-orasinya berhasil membangkitkan Jerman yang terpuruk setelah Perang Dunia I. Begitu juga contoh terbaik bagi manusia, Nabi Muhammad SAW, berhasil membangkitkan umat manusia dari kejahiliyahan menuju cahaya Islam, berkat kepiawaian beliau dalam retorika dakwah.

Akan tetapi seperti yang diakui buku ini, ilmu retorika saja tidak cukup untuk mengguncang dunia. Karena, kunci dari perubahan itu adalah ide atau gagasan yang hendak dilemparkan ke hadapan para pendengar. Apakah ide itu hanya gagasan ecek-ecek yang nggak ngaruh, atau justru ide yang menggugah dan mengguncang.


Di sini juga letak kelebihan lain dari buku ini, bukan hanya mengajarkan teknik dan trik dalam beretorika, tetapi juga memuat kunci perubahan yaitu ide yang dahsyat, yang benar-benar mampu mengguncangkan seluruh isi muka bumi. Makanya, buku ini layak diberi titel buku retorika plus-plus! (ih kesannya gimana gitu…)[Ishaak]
Diberdayakan oleh Blogger.