Header Ads

Evolusi Ponsel: From Jadul to Unggul

Hari gini gak punya ponsel?! Hadooh…! Rasanya terkucil dari dunia manusia deh. Terutama bagi remaja yang getol banget melototin tren teknologi dan pergaulan. Apalagi kini, ponsel udah bermetamorfosis menjadi sebuah teknologi telekomunikasi yang kaya feature. Bukan cuman layanannya yang beragam, panggilannya juga macem-macem. Saking macem-macemnya, kita ampe bingung bedainnya. Makanya, kita kenalan yuk ama varietas ponsel masa kini. Loading……!

1.       Mobile Phone
Mobile phone lebih dikenal dengan nama telepon seluler alias ponsel. Ponsel terkoneksi dengan jaringan komunikasi wireless melalui gelombang radio atau transmisi satelit. Layanan ponsel biasanya komunikasi suara, SMS (Short Message Service), MMS (Multimedia Message Service). Kalo yang baruan udah support Internet untuk browsing web, IM (Instant Messaging) dan email.
2.       PDA
PDA merupakan kependekan dari Personal Digital Assistant. Perangkat telepon yang kecil, yang diperkaya fungsi komputer, telepon/fax, internet dan jaringan. Sehingga bisa dipake buat nelpon, ngirim fax, browsing web, dan organizer personal. PDA biasanya dilengkapi pena unik alias stylus sebagai pengganti keyboard untuk inputan. Namun, PDA sekarang ini tampil dengan stylus dan keyboard.
3.       smartphone (dengan ‘s’ huruf kecil)
Smartphone merupakan kombinasi dari PDA tradisional dan ponsel, namun lebih berfokus kepada bagian ponsel. Smartphone ngasih kemudahan konsumen untuk menyimpan informasi, email, instalasi program, plus fungsi ponsel secara umum. Belon ada definisi standar untuk smartphone, gampangnya sih perangkat mobile yang melebihi kemampuan ponsel boleh dipanggil smartphone.
4.       PDA phone
Beberapa tahun lalu, banyak orang membedakan PDA dan smartphone dengan mudah, yakni dari sisi touchscreen-nya. Kalo ada fitur layar sentuhnya, maka device tersebut termasuk dalam golongan ponsel PDA, kalo nggak ada berarti smartphone. Tapi kini, Smartphone banyak yang ada touchscreen. Intinya sih, PDA phone ini lebih berorientasi kepada fungsi PDA dengan kemampuan ponsel.
5.       Smartphone (dengan ‘S’ huruf besar)
Smartphone lebih merujuk ke platform Smartphone Microsoft, yang digunakan untuk variasi mobile device. Versi terbarunya, Windows Mobile 6.5 belakangan telah menghapus istilah Smartphone, dan diharapkan akan memperkecil bentang perbedaan smartphone dan Smartphone. Sementara 3 versi dari Windows Mobile 6 juga dikenal dengan nama Windows Mobile 6 Standard for Smartphone, dimana istilah Smartphone di sini berarti ponsel tanpa touchscreen.
6.       Pocket PC
Sementara untuk Pocket PC bukan kategori dari mobile device, namun lebih kepada perangkat PDA yang menggunakan system operasi Microsoft Windows Mobile. Hampir sama dengan PDA, fitur Pocket PC juga berfokus di computing dan pengolahan data dengan kemampuan ponsel dan fungsi PDA. Pocket PC merupakan salah satu device standard yang memiliki fitur touchscreen, termasuk touchpad, dan spesifikasi lainnya.
D’riser, kesimpulan perbedaan antara masing-masing device komunikasi mobile adalah PDA phone lebih dari sekedar PDA daripada ponsel, sebuah smartphone lebih dari sekedar ponsel daripada PDA, dan ponsel lebih merupakan ponsel daripada yang lainnya. Gitchu![341, diolah dari berbagai sumber]

BOX
Tips Cerdah memilih ‘Ponsel Cerdas’
Smartphone banyak dilirik remaja buat keren-kerenan. Tapi kalo kita beli tapi gak tau ilmunya, berabe juga. Niatnya kesohor, eh malah tekor. Makanya, simak tips berikut sebelum membeli smartphone. Penting nih!
1.       Operating System
Pertama, pastiin tuh smartphone mau dipake untuk kebutuhan apa. Sekedar aksesoris atau alat bantu aktifitas. Cari OS yang kamu enjoy pakenya. Familier dan nggak ribet. Ada berbagai macam pilihan OS smartphone, seperti Windows, BlackBerry, Linux Mobile, Android, dan Palm OS. Tentang OS, pernah kita bahas di D’Rise edis Desember 2010.
2.       Operator Seluler
Pertimbangkan jaringan seluler yang mau dipake. Saat ini banyak smartphone yang bekerjasama dengan beberapa operator melalui sistem bundling alias paket penjualan. Cari info kualitas jaringan dari operator seluler tersebut serta tarif yang ditawarkan. Jangan kemakan iklan!
3.       Download Speed
Perhatiin download speed atau kecepatan dalam pengambilan data, terutama bagi yang doyan ambil data di Internet dan kirim e-mail. Beberapa smartphone menawarkan kecepatan data dengan menggunakan fasilitas GPRS, EDGE, 3G, hingga HSDPA. Fasilitas koneksi ini udah kita kupas di info tekno drise edisi Januari 2011
4.       Keypad
Beberapa smartphone pake keypad QWERTY yang susunan hurufnya kaya keyboard komputer. Tapi ada juga yang masih pake keypad numerik. Kalo smartphone sering dipake buat ngetik, mending beli yang keypad QWERTY. Tapi kalo lebih sering dipake buat ngitung, mending beli kalkulator daripada smartphone. Hehehe....
5.       Connectivity
Penting nih. Liat dulu apa smartphone yang mau dibeli punya sambungan ke perangkat lain seperti bluetooth maupun kabel data. Biar gampang mindahin data.
6.       Memory
Pastikan jumlah memory yang tersedia sesuai dengan kebutuhan. Lebih bagus kalo tersedia slot eksternal memory sehingga Anda dapat menambah kapasitas memori.
7.       Layar
Ukuran layar yang besar lebih gampang dipake buat baca dan nulis.
8.       Aplikasi
Pastikan apakah aplikasi yang ada dalam smartphone tersebut sudah memenuhi kebutuhan. Baik untuk aplikasi pengolahan dokumen, push e-mail, maupun aplikasi entertainment.
9.       Daya Tahan Baterai
Catet daya tahan baterai, baik waktu bicara maupun daya tahan baterai saat digunakan untuk mendengarkan musik dan memutar video, ataupun untuk keperluan entertainment lainnya.
10.   Garansi

Pastikan garansinya resmi dan lebih bagus beli di distributor resmi juga. Biar ngurus garansinyanya lebih jelas dan mudah.[]
di muat di majalah remaja islam drise edisi 10
Diberdayakan oleh Blogger.