Header Ads

Cara Menolak Pacaran?

Assalamu ‘alaikum
Mbak, gimana caranya ngejelasin ke temen lelaki yang menyatakan cinta dan mengajak pacaran. Sementara saya tidak mau menyakiti hatinya dengan menyatakan sikap kalo saya nggak mau pacaran. Makasih mbak sebelumnya. Akhwat di bumi Allah.

Wa’alaikumussalam Wr.Wb.
Adik yang dimulyakan Allah  


          Alhamdulillah, diantara banyaknya generasi muda Islam adik merupakan salah satu yang diberikan Allah cermin hati yang masih bersih hingga mampu digunakan bercermin dan berpegang pada kebenaran dengan menjauhi aktivitas pacaran yang diharamkan Allah SWT. Cinta adalah fitrah yang dimiliki oleh setiap manusia, namun jika tidak berhati-hati cinta akan memperdaya yang tampaknya indah padahal bisa menjerumuskan, kecuali cinta di jalan Allah. Islam agama yang sempurna, sangat memahami adanya rasa cinta, suka pada diri sesorang. Untuk itu Islam memberikan tata aturan agar rasa tersebut terjaga dalam ketaatan kepada Allah, dengan menikah bagi yang sudah siap. 

           Seorang teman yang baik akan mengajak berbuat taat dan melarang berbuat maksiat. Aktivitas mengingatkan adalah wujud kasih sayang sesama muslim sebagai seorang saudara seiman. Kita tidak rela teman kita masuk dalam lubang maksiat pacaran dan mendapatkan balasan siksa Allah. Saat menyampaikan kebenaran, terkadang seseorang berat untuk menerimanya, akan tetapi kebenaran memang harus disampaikan meskipun pahit bagi yang diingatkan, serta terkadang kita yang mengingatkanpun merasa segan. Hapuslah rasa segan, tidak enak mengingatkan, khawatir menyakiti hati. Itu hanyalah perasaan kita saja. Niatkanlah karena Allah saat mengingatkan teman karena kita mengharapkan kebaikan baginya “Siapakah yang lebih baik ucapannya daripada orang yang menyeru ke jalan Allah(FQS. Fushilat (41) :33).


         Adik, bisa menjelaskan kepada teman yang mengajak pacaran tersebut dengan bertemu langsung (tentunya tidak hanya berduan, tapi mengajak juga teman lain) atau  via SMS/telp/menulis surat. Awalilah dengan mengucapkan terima kasih atas perasaannya kepada adik, dan sampaikan maaf karena adik tidak bisa menerimanya karena Allah melarang aktivitas pacaran. Sampaikan kebenaran dengan hikmah dan nasehat yang baik. Melalui hikmah yaitu dengan menyampaikan dalil (landasan) yang jelas tentang hukum pacaran, sehingga menampakkan kebenaran dan menghilangkan kesamarannya. Pacaran adalah aktivitas mendekati zina, dan Allah melarangnya Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk” (Al Israa:17). Sampaikan dengan nasehat yang mampu menyentuh akal dan hati (perasaan). Ajak berpikir, bahwa aktivitas pacaran menyebabkan banyak kerugian di dunia maupun di akhirat. Selain diajak berpikir, sentuhlah perasaanya misalnya dengan memberi dorongan berupa balasan pahala atas kebaikan yang dilakukan dan memberi peringatan celaka ketika melakukan kemaksiatan. Adik bisa juga  memberikan buku atau majalah yang membahas pergaulan dalam Islam. Selamat mengajak teman pada kebaikan, semoga Allah senantiasa mengistiqomahkan.   

DI MUAT DI MAJALAH REMAJA ISLAM DRIS EDISI 10
Diberdayakan oleh Blogger.